Tujuan Pembelajaran
Khusus
- CGP dapat mengidentifikasi
nilai-nilai diri sendiri, yang selama ini melekat dalam pribadinya.
- CGP dapat menjelaskan peran dirinya
sebagai seorang Guru di dalam lingkungan sekolahnya masing-masing
Pembelajaran akan dimulai dengan membuat diagram trapesium usia dan
menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri CGP. Agar CGP mendapatkan manfaat
yang maksimal dari kegiatan ini, hal yang perlu diperhatikan ketika menjawab
pertanyaan nanti adalah kejujuran dalam memberikan jawaban. Tidak mengapa jika
memang tidak ada atau tidak tahu. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Apa
yang menjadi pertanyaan hanyalah upaya untuk membantu menggali pengalaman serta
nilai diri. Dijawab sejujurnya, dan jangan sampai terlewat.
Buatlah Diagram
Trapesium Usia Anda sendiri dengan mengikuti instruksi berikut:
- Buatlah garis miring ke atas;
tuliskan usia saat Anda menyelesaikan masa sekolah pada ujung garis
tersebut.
- Lanjutkan dengan membuat garis
mendatar, yang menunjukkan usia kerja. Pada salah satu titik di garis
tersebut, tuliskan angka yang menunjukkan usia Anda saat ini.
- Buatlah garis miring menurun
untuk menandakan masa pensiun Anda.
- Ingatlah dua peristiwa penting
pada masa sekolah; satu peristiwa bernuansa positif dan satu lagi yang
negatif. Ingatlah detail peristiwanya dan siapa saja yang terlibat.
Tuliskan angka pada garis naik yang menunjukkan pada usia berapa kedua
peristiwa tersebut terjadi (misalnya umur 7 dan 12).
B. Pertanyaan
Jika Anda sudah membuat diagram trapesium usia
ini, jawablah ketiga pertanyaan berikut:
- Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat dirasakan
dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa sekarang?
- Menurut Anda, apa saja peran dari seorang Guru jika
dikaitkan dengan trapesium usia?
- Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai
yang Anda percayai sebagai seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut:
Guru, Murid, Belajar, Makna.
1. Karena
dimasa sekolah adalah masa dimana terjadi interaksi dengan orang lain di luar
lingkungan keluarga, pikiran masih bersih ibarat sebuah kertas yang masih
samar-samar, dan di masa sekolah adalah masa untuk menuju karir yang
cemerlang apabila dibimbing, dan dituntun sesuai bakat dan minat yang dimiliki
dan dimasa sekolah banyak terdapat hal-hal positif yang untuk dikenang baik itu
kenangan positif maupun negatif.
2. Menurut
saya peran dari seorang guru jika dikaitkan dengan trapesium usia adalah, bahwa
peran guru dimasa usia sekolah adalah sangat penting, karena di usia sekolah
adalah usia dimana murid butuh tuntunan yang sesuai dengan bakat dan minat
sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap perjalanan hidupnya
3. Guru adalah seseorang
yang tanpa kenal lelah,penuh keikhlasan, menuntun murid untuk
terus belajar, memberikan pembelajaran yang bermakna dan
pengabdiannya akan terus dikenang, diingat oleh murid, sehingga akan
berpengaruh terhadap perjalanan hidupnya.
0 komentar:
Posting Komentar