Senin, 13 Desember 2021

Tugas Modul 1.1.a.3. Mulai dari Diri-Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Sahabat Guru Penggerak Pada Modul ini para CGP diberikan 3 pertanyaan yaitu :
1.  Apa yang saya ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara terkait pendidkan dan Pangajaran?
2. Hubungan pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan kontek pendidikan disekolah saya ?
3. Apakah saya merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

Serta Harapan dan Ekspetasi

Berikut adalah jawaban saya terkait pertanyaan yang diajukan pada LMS.

1. Yang saya ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya” Ki Hadjar menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: “menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

2.       Relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) dengan konteks pendidikan saat ini dan konteks pendidikan disekolah saya secara khusus. Proses pembelajaran yang mencerminkan pemikiran K H Dewantara  merupakan daya-upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti, pikiran dan tubuh anak, dalam rangka kesempurnaan hidup dan keselarasan dengan dunianya. Jadi proses pendidikan adalah upaya pemanusiaan manusia secara manusiawi secara utuh dan penuh ke arah kemerdekaan lahiriah dan batiniah. Yang dampaknya adalah mencerdaskan seseorang sehingga ia terbebaskan dari belenggu “kebodohan”

3.    Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah ada hal yang sudah saya lakukan sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, namun masih banyak hal yang belum kami terapkan. Dari konsep pemikiran KHD tersebut yang sudah saya terapkan, adalah memerdekakan belajar siswa secara lahiriah dan batiniah.

a.    Dengan melakukan pembiasaan literasi diawal pelajaran

b.    Membiasakan siswa untuk memimpin berdoa di awal pelajaran dan diakhir pelajaran.

c.   Berusaha untuk mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan memberikan pertanyaan yang sesuai dengan keadaan yang dialami oleh siswa tersebut.

d.    Melakukan piket kelas, sehingga lingkungan belajar akan terasa nyaman

2.  Harapan dan Ekspektasi

a.       Saya berharap setelah saya mempelajarai modul ini saya bisa untuk mendidik dan mengajar siswa sesuai dengan filosofi KHD dan bisa untuk menjadi guru 3 arah, didepan, didalam dan dibelakang siswa, yaitu saya bisa menjadi teladan yang baik untuk siswa, saya bisa memandu siswa untuk menciptakan karya sesuai dengan potensi yang dimiliki, dan saya terus bisa menjadi pendorong belajar siswa. Selain itu saya berharap saya bisa mendidik siswa (sikat, pengetahuan dan keterampilan) menggunakan metode-metode yang lebih baik

b.      Harapan saya untuk siswa setelah saya mempelajari modul ini adalah siswa dapat mengembangkan dirinya secara sikap/karakter, pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan potensi yang dimiliki, berharap mereka bisa belajar dari segala hal dan memiliki semangat belajar yang tinggi.

c.       Kegiatan yang saya harapkan adalah adalah ada pemaparan yang lebih mendalam, diskusi kelompok dan contoh-contoh kongkrit yang bisa saya gunakan sehari-hari

Materi yang saya harapkan adalah materi tentang pengajaran yang sesuai dengan sekarang dan pengajaran yang bervariatif dan mudah dipahami siswa.

Manfaat yang saya harapkan adalah saya memiliki ilmu baru, bisa mengaplikasikannya di kehidupan nyata dan siswa bisa berkembang sesuai bakat minat mereka, memiliki karakter yang baik serta bisa belajar secara mandiri.


0 komentar:

Posting Komentar