1. Yang saya ketahui tentang
pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran merupakan
usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik
dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang
seluas-luasnya” Ki Hadjar menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: “menuntun
segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan
dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai
anggota masyarakat.
2.
Relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) dengan konteks pendidikan saat ini
dan konteks pendidikan disekolah saya secara khusus. Proses pembelajaran
yang mencerminkan pemikiran K H Dewantara merupakan daya-upaya untuk
memajukan bertumbuhnya budi pekerti, pikiran dan tubuh anak, dalam rangka
kesempurnaan hidup dan keselarasan dengan dunianya. Jadi proses pendidikan
adalah upaya pemanusiaan manusia secara manusiawi secara utuh dan penuh ke arah
kemerdekaan lahiriah
dan batiniah. Yang dampaknya adalah mencerdaskan seseorang
sehingga ia terbebaskan dari belenggu “kebodohan”
3. Dalam
pelaksanaan pembelajaran di sekolah ada hal yang sudah saya lakukan sesuai
pemikiran Ki Hajar Dewantara, namun masih banyak hal yang belum kami
terapkan. Dari konsep pemikiran KHD tersebut yang sudah saya terapkan,
adalah memerdekakan belajar siswa secara lahiriah dan batiniah.
a. Dengan
melakukan pembiasaan literasi diawal pelajaran
b.
Membiasakan siswa untuk memimpin berdoa di awal pelajaran dan diakhir
pelajaran.
c. Berusaha
untuk mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan memberikan
pertanyaan yang sesuai dengan keadaan yang dialami oleh siswa tersebut.
d. Melakukan
piket kelas, sehingga lingkungan belajar akan terasa nyaman
2. Harapan dan Ekspektasi
a.
Saya berharap setelah saya mempelajarai modul ini saya bisa untuk mendidik dan
mengajar siswa sesuai dengan filosofi KHD dan bisa untuk menjadi guru 3 arah,
didepan, didalam dan dibelakang siswa, yaitu saya bisa menjadi teladan yang
baik untuk siswa, saya bisa memandu siswa untuk menciptakan karya sesuai dengan
potensi yang dimiliki, dan saya terus bisa menjadi pendorong belajar siswa.
Selain itu saya berharap saya bisa mendidik siswa (sikat, pengetahuan dan
keterampilan) menggunakan metode-metode yang lebih baik
b.
Harapan saya untuk siswa setelah saya mempelajari modul ini adalah siswa dapat
mengembangkan dirinya secara sikap/karakter, pengetahuan dan keterampilan
sesuai dengan potensi yang dimiliki, berharap mereka bisa belajar dari segala
hal dan memiliki semangat belajar yang tinggi.
c.
Kegiatan yang saya harapkan adalah adalah ada pemaparan yang lebih mendalam,
diskusi kelompok dan contoh-contoh kongkrit yang bisa saya gunakan sehari-hari
Materi yang saya harapkan
adalah materi tentang pengajaran yang sesuai dengan sekarang dan pengajaran
yang bervariatif dan mudah dipahami siswa.
Manfaat yang saya harapkan adalah saya memiliki ilmu baru, bisa mengaplikasikannya di kehidupan nyata dan siswa bisa berkembang sesuai bakat minat mereka, memiliki karakter yang baik serta bisa belajar secara mandiri.
0 komentar:
Posting Komentar