3.2.a.5.
Ruang Kolaborasi - Forum Kelompok
Durasi : 4 JP (180 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran
Khusus:
- CGP dapat mengidentifikasi
berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi
pemanfaatannya secara efektif
Bapak/Ibu Calon Guru
Penggerak, pada sesi pembelajaran 3 kali ini, kita akan masuk pada Ruang
Kolaborasi. Anda akan diajak untuk bekerja sama dengan peserta
lainnya dalam menyelesaikan tugas kelompok.
Petunjuk Penugasan
Kelompok - Mengidentifikasi
sumber daya :
Forum Diskusi 1 (2 JP)
- Buatlah kelompok yang terdiri
atas 3 - 4 anggota. Masing-masing kelompok terdiri atas guru
dengan jenjang yang berbeda namun berasal dari daerah yang sama atau
berdekatan. Tentukan daerah sesuai dengan kondisi lingkungan
masing-masing peserta CGP.
- Dari masing-masing sumber daya
tersebut, setiap kelompok akan membuat identifikasi aset/modal apa
yang dimiliki oleh daerahnya.
- Setiap kelompok
akan memberikan umpan balik / tanggapan untuk 3 video kelompok
lain yang akan didapatkan secara acak.
TAGIHAN
- Hasil pemetaan/identifikasi
semua aset yang dimiliki daerahnya. Hasil
pemetaan/identifikasi bisa dalam bentuk poster, tabel, mind
map, dan lain-lain.
Untuk dapat berdiskusi
dalam kelompok lakukan dengan cara:
Ketua kelompok membuat sebuah topik baru dengan klik add new discussion topic
- isikan judul dengan
identifikasi aset daerah (contoh identifikasi aset-Bandung-Kelompok1)
- Isikan hasil identikasi aset
oleh ketua pada kotak message (apabila ada video klik gambar video untuk
memasukkan video (maks 250 mb), atau insert url dari youtube
- anggota kelompok saling
melengkapi aset yang ditulis ketua kelompok dengan klik reply pada jawaban
ketua
- hasil diskusi kelompok akan
dipresentasikan ketika pertemuan tatap muka virtual dengan fasilitator
- cermati jawaban kelompok lain
dan berikan umpan balik / tanggapan untuk 3 video kelompok lain
0 komentar:
Posting Komentar