Refleksi Terbimbing
Durasi: 2 JP
Moda: Konsultasi Daring secara asinkron
Tujuan Pembelajaran
Khusus:
- CGP melakukan refleksi dan
metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah mereka lewati, dan apa
yang harus mereka pertimbangkan kemudian dalam menyusun program/kegiatan
yang berdampak pada murid
Pertanyaan
Pemantik :
- Apa hal-hal baru yang Anda
temukan dalam perjalanan pembelajaran Anda di modul 3.3 ini?
- Tantangan apa yang saat ini
masih saya hadapi untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?
- Sumber-sumber dukungan apa saja
yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada
murid?
Selamat bertemu
kembali Bapak/Ibu CGP. Saat ini Bapak/Ibu telah memasuki tahapan pembelajaran
yang ke-5, yaitu Refleksi terbimbing. Dalam tahapan ini, Bapak Ibu akan
diberikan kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran
Bapak/Ibu sejauh ini.
Sebagai tagihan,
Bapak/Ibu akan diminta untuk membuat catatan refleksi pembelajaran. Untuk
membantu menulis refleksi tersebut, Bapak/Ibu dapat menggunakan
pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
- Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program
yang berdampak pada murid?
- Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran
tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?
- Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau
mempelajari materi ini?
- Apa yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan
dalam modul ini?
- Sumber-sumber dukungan yang
saya miliki untuk
membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.
Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan
program yang berdampak pada murid?
Yang menarik aktivitas pembelajaran modul 3.3. pengelolaan
program yang berdampak pada murid adalah sebagai CGP disadarkan akan potensi
pada diri yang sebelumnya kita hanya pemimpin pembelajar. Pemimpin yang mampu
mengelola kelas secara maksimal. Menumbuhkan karakter peserta didik dalam
pembelajaran yang disesuaikan dengan potensi dan keunikkan mereka masing-masing.
Dalam modul ini menuntut dan mengarahkan kita menjadi
pemimpin dalam ruang lingkup yang lebih luas yaitu sekolah. membuat dan
merencanakan program yang muaranya adalah murid atau program yang berdampak
pada murid.
Memanfaatkan asset/potensi/kekuatan yang terdapat dan
dimiliki sekolah sebagai modal dalam menjalankan program tersebut. Kita pun
diarahkan untuk mampu memanage resiko yang mungkin atau akan muncul dari setiap
program yang akan kita lakukan. Menegemen resiko ini sangat berguna untuk
meminimalisir resiko atau kendala yang akan muncul dari sebuah program.
1.
Hal menarik dalam Modul 3.3 ini diharapkan
sebagai seorang guru kita bisa membuat program/kegiatan baik itu
Intrakurikuler, Ko-Kurikuler dan ekstrakurikuler yang menumpuh kembangkan
kepemimpinan siswa dengan memperhatikan suara, pilihan dan kepemilikan, dengan
memperhatikan karakteristik lingkungan serta komunitas baik itu komunita
keluarga, kelas dan antar kelas, sekolah, sekitar sekolah, lebih luas. Dengan
memperhatikan aset yang dimiliki.
2.
Apa yang mengejutkan
Setelah mempelajari modul ini ternyata
program kegiatan yang dilakukan disekolah baik itu intrakurikuler, ko kurikuler
serta ekstrakurikuler ternyata bisa menumbuh kembangkan kepemimpinan murid
3.
Yang berubah setelah mempelajari materi ini
aalah
Akan merencang sebuah program yang
berdampak pada murid dengan memenejemen resiko yang mungkin akan timbul.
Perubahan yang diterapkan dalam sebuah ekosistem khususnya sekolah akan
memunculkan resiko. Sudah sepatutnya lah sekolah selalu menerapkan menjemen
resiko untuk meminimlisir kemungkinan negtaif yang akan timbul dari perubahan
tersebut. Pengelolaan dan pengidentifikasian resiko sangat dibutuhkan untuk
merendam kerugian yang muncul dari penerapan suatu progam.
4.
Apa yang menantang dalam mempelajari modul ini ?
Ketika membuat sebuah program atau kegiatan tentunya da hal yang menantang
diantaranya
Resiko strategis yaitu resiko
yang mempengaruhi terhadap pencapaian tujuan yang dibuat organisiasi atau
sistem
Resiko keuangan yang memunculkan
keterbatasan finansial dalam menjalankan sebuag program
Resiko oprasional yaitu resiko
yang berdampak terhadap keberlansungan menejemn.
Resiko pemenuhan yaitu resiko
yang berpengaruh terhadap proses dan procedural di dalam sistem tersebut yang
berkaitan dengan aturan serta hokum yang diterapkan.
Resiko reputasi yaitu resiko yang
berdampak terhadap nama baik dan kredibilitas dari sistem tersebut.
5.
Sumber-sumber yang saya miliki untuk mendukung
Apa hal-hal baru yang Anda temukan dalam proses pembelajaran
tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?
Dalam membuat sebuah program haruslah memperhatikan dampak
dari program tersebut. Program tersebut haruslah berdampak dan bermuara pada
perubahan murid kea rah yang lebih baik.
Dalam manajemen resiko ada beberapa unsur yang harus
diperhatikan yang merupakan tipe-tipe dari resiko itu sendiri. Berikut
tipe-tipe resiko dalam suatu sistem:
Resiko strategis yaitu resiko yang mempengaruhi terhadap
pencapaian tujuan yang dibuat organisiasi atau sistem
Resiko keuangan yang memunculkan keterbatasan finansial
dalam menjalankan sebuag program
Resiko oprasional yaitu resiko yang berdampak terhadap
keberlansungan menejemn.
Resiko pemenuhan yaitu resiko yang berpengaruh terhadap
proses dan procedural di dalam sistem tersebut yang berkaitan dengan aturan
serta hokum yang diterapkan.
Resiko reputasi yaitu resiko yang berdampak terhadap nama
baik dan kredibilitas dari sistem tersebut.
3. Perubahan apa yang akan Anda lakukan setelah memahami
atau mempelajari materi ini?
Akan merencang sebuah program yang berdampak pada murid
dengan memenejemen resiko yang mungkin akan timbul. Perubahan yang diterapkan
dalam sebuah ekosistem khususnya sekolah akan memunculkan resiko. Sudah
sepatutnya lah sekolah selalu menerapkan menjemen resiko untuk meminimlisir
kemungkinan negtaif yang akan timbul dari perubahan tersebut. Pengelolaan dan
pengidentifikasian resiko sangat dibutuhkan untuk merendam kerugian yang muncul
dari penerapan suatu progam.
Semoga bermanfaat
Salam Guru penggerak
https://drive.google.com/file/d/1IREl9gWh6g5gq_OdOs-eMWiGVqhU5-nk/view?usp=sharing
https://bit.ly/Modul3_3RefleksiTerbimbing
0 komentar:
Posting Komentar