3.3.a.2.
Pendahuluan - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Surat
dari instruktur
Selamat datang
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) di paket modul 3, subbagian 3.3.
Modul ini membahas tentang program/kegiatan sekolah yang berorientasi dan berpihak
pada murid sehingga dapat memberikan makna sebagai bentuk dampak yang dirasakan
oleh murid nanti.
Untuk dapat
mengeksplorasi program/kegiatan sekolah yang berpihak pada murid, modul ini
mengajak Bapak dan Ibu untuk dapat mengidentifikasikan suara, pilihan,
dan kepemilikan murid dalam program/kegiatan sekolah. Suara, pilihan, dan
kepemilikan murid perlu diupayakan oleh sekolah sebagai sebuah komunitas. Apa
yang harus disiapkan oleh sekolah untuk menciptakan suara, pilihan, dan rasa
kepemilikan murid? Bagaimana kita dapat menciptakan sekolah sebagai lingkungan
belajar yang memberikan ruang seluas-luasnya kepada murid untuk dapat
menciptakan suara, pilihan, dan kepemilikan? Untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut, modul ini juga memberikan penjelasan bagaimana
peran komunitas menyiapkan lingkungan yang dapat mendukung terciptanya suara,
pilihan, dan kepemilikan murid.
Semoga proses
pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman baru dan membuka cakrawala
berpikir yang lebih luas lagi, dan lebih mengedepankan perencanaan kegiatan
pembelajaran yang berpihak pada murid.
Tetap Semangat dalam
berkreasi dan berinovasi merancang kegiatan yang berpihak pada murid!
Salam,
Instruktur Modul
3.3
Capaian Pembelajaran Umum
Capaian Umum Modul 3.3
Profil kompetensi Guru
Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah:
- menyadari
murid sebagai mitra bagi guru dalam pembelajaran.
- mengupayakan
terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid yang
mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri.
- menerapkan
konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah.
Isi
Materi Modul
Isi Materi Modul:
- Kepemimpinan murid:
- Suara murid
- Pilihan murid
- Kepemilikan murid
- Lingkungan yang
menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
- Pelibatan komunitas dalam
program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
- Program atau kegiatan yang
berdampak pada murid dan menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
Alur Belajar - Pengelolaan Program yang
Berdampak pada Murid
Mulai dari diri
o CGP dapat melakukan refleksi sejauh mana
keterlibatan dirinya saat mengikuti program/kegiatan sekolah saat bersekolah
dahulu.
o CGP mengungkapkan harapannya dari modul ini
Eksplorasi konsep
Eksplorasi
Konsep1:
o CGP mengeksplorasi materi untuk membangun pemahaman
tentang
o Konsep kepemimpinan murid (students
agency).
o Apa yang dimaksud dengan suara, pilihan dan
kepemilikan murid dalam konsep kepemimpinan murid.
o Lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya
kepemimpinan murid
o Peran keterlibatan komunitas dalam program
sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
Eksplorasi
Konsep 2:
o CGP akan melakukan diskusi asinkron untuk
mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang aspek suara, pilihan
dan kepemilikan murid.
o CGP akan menemukenali aspek suara, pilihan dan
kepemilikan murid dalam sebuah contoh program atau kegiatan yang menjadi fokus
diskusi.
uang kolaborasi
o CGP bekerja dalam kelompok untuk membuat
gambaran singkat (dalam bentuk narasi/paragraf) tentang sebuah program/kegiatan
sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid.
o CGP mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik.
Refleksi Terbimbing
o CGP melakukan refleksi dan metakognisi
terhadap proses pembelajaran yang telah mereka lewati untuk mengidentifikasi
apa saja yang harus dipertimbangkan dalam menyusun kegiatan atau program yang
menumbuhkan kepemimpinan murid.
Demonstrasi
kontekstual
o CGP menggunakan kerangka BAGJA untuk
mengembangkan lebih jauh ide program/kegiatan dari ruang kolaborasi, untuk
didiskusikan bersama guru lain di sekolahnya, dengan mempertimbangkan: visi
mereka terhadap anak dan kekuatan-aset-potensi-sumber daya yang dimiliki
sekolah.
Elaborasi pemahaman
CGP
mengkonfirmasi pertanyaan yang masih dimiliki yang terkait dengan
program/kegiatan sekolah yang menumbuhkan kepemimpinan murid lewat proses tanya
jawab dan diskusi dengan instruktur.
Koneksi antar materi
o CGP mengaitkan prakarsa perubahan dengan
pemahaman mereka atas modul-modul yang telah dipelajari sebelumnya untuk
menguatkan desain dan kerangka/dasar teori program/kegiatan yang berdampak pada
murid.
o CGP menyajikan sebuah presentasi PPT untuk
menjelaskan rancangan program/kegiatan yang telah dibuat pada tahap demonstrasi
kontekstual (BAGJA) menjadi rencana program intrakurikuler, atau ko-kurikuler,
atau ekstrakurikuler.
Aksi nyata
o CGP menjalankan rancangan program/kegiatan
yang telah dibuat pada tahapan sebelumnya
o CGP mendokumentasikan proses eksekusi
program/kegiatan mereka dalam bentuk e-portfolio
0 komentar:
Posting Komentar