Senin, 11 Juli 2022

 

3.3.a.2. Pendahuluan - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 



Surat dari instruktur

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) di paket modul 3, subbagian 3.3.  Modul ini membahas tentang program/kegiatan sekolah yang berorientasi dan berpihak pada murid sehingga dapat memberikan makna sebagai bentuk dampak yang dirasakan oleh murid  nanti. 

Untuk dapat mengeksplorasi program/kegiatan sekolah yang berpihak pada murid, modul ini mengajak Bapak dan Ibu untuk dapat mengidentifikasikan  suara, pilihan, dan kepemilikan murid dalam program/kegiatan sekolah. Suara, pilihan, dan kepemilikan murid perlu diupayakan oleh sekolah sebagai sebuah komunitas. Apa yang harus disiapkan oleh sekolah untuk menciptakan suara, pilihan, dan rasa kepemilikan murid? Bagaimana kita dapat menciptakan sekolah sebagai lingkungan belajar yang memberikan ruang seluas-luasnya kepada murid untuk dapat menciptakan suara, pilihan, dan kepemilikan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, modul ini juga memberikan penjelasan bagaimana peran komunitas menyiapkan lingkungan yang dapat mendukung terciptanya suara, pilihan, dan kepemilikan murid. 

Semoga proses pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman baru dan membuka cakrawala berpikir yang lebih luas lagi, dan lebih mengedepankan perencanaan kegiatan pembelajaran yang berpihak pada  murid.

Tetap Semangat dalam berkreasi dan berinovasi merancang kegiatan yang berpihak pada murid!

Salam,

Instruktur  Modul 3.3

Capaian Pembelajaran Umum

Capaian Umum Modul 3.3

Profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah:

  • menyadari murid sebagai mitra bagi guru dalam pembelajaran.
  • mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri.
  • menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah.

Isi Materi Modul

Isi Materi Modul:

  1. Kepemimpinan murid:
    1.  Suara murid
    2. Pilihan murid
    3. Kepemilikan murid
  2. Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
  3. Pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
  4. Program atau kegiatan yang berdampak pada murid dan menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

Alur Belajar - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Mulai dari diri

o    CGP dapat melakukan refleksi sejauh mana keterlibatan dirinya saat mengikuti program/kegiatan sekolah saat bersekolah dahulu.  

o    CGP mengungkapkan harapannya dari modul ini

Eksplorasi konsep

Eksplorasi Konsep1:

o    CGP mengeksplorasi materi untuk membangun pemahaman tentang 

o    Konsep kepemimpinan murid (students agency). 

o    Apa yang dimaksud dengan suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam konsep kepemimpinan murid.

o    Lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid 

o    Peran keterlibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.

Eksplorasi Konsep 2:

o    CGP akan melakukan diskusi asinkron untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang   aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid.

o    CGP akan menemukenali aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam sebuah contoh program atau kegiatan yang menjadi fokus diskusi.

uang kolaborasi

o    CGP bekerja dalam kelompok untuk membuat gambaran singkat (dalam bentuk narasi/paragraf) tentang sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid.

o    CGP mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik.

Refleksi Terbimbing

o    CGP melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah mereka lewati untuk mengidentifikasi apa saja yang harus dipertimbangkan dalam menyusun kegiatan atau program yang menumbuhkan kepemimpinan murid.

Demonstrasi kontekstual

o    CGP menggunakan kerangka BAGJA untuk mengembangkan lebih jauh ide program/kegiatan dari ruang kolaborasi, untuk didiskusikan bersama guru lain di sekolahnya, dengan mempertimbangkan: visi mereka terhadap anak dan kekuatan-aset-potensi-sumber daya yang dimiliki sekolah.

 

Elaborasi pemahaman

CGP mengkonfirmasi pertanyaan yang masih dimiliki yang terkait dengan program/kegiatan sekolah yang menumbuhkan kepemimpinan murid lewat proses tanya jawab dan diskusi dengan instruktur.

Koneksi antar materi

o    CGP mengaitkan prakarsa perubahan dengan pemahaman mereka atas modul-modul yang telah dipelajari sebelumnya untuk menguatkan desain dan kerangka/dasar teori program/kegiatan yang berdampak pada murid.

o    CGP menyajikan sebuah presentasi PPT untuk menjelaskan rancangan program/kegiatan yang telah dibuat pada tahap demonstrasi kontekstual (BAGJA) menjadi rencana program intrakurikuler, atau ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler.

Aksi nyata

o    CGP menjalankan rancangan program/kegiatan yang telah dibuat pada tahapan sebelumnya

o    CGP mendokumentasikan proses eksekusi program/kegiatan mereka dalam bentuk e-portfolio

 

0 komentar:

Posting Komentar