Senin, 11 Juli 2022

3.2.a.5.1 Ruang Kolaborasi- Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

3.2.a.5.1 Ruang Kolaborasi- Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Web meeting - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Durasi :  4 JP (180 menit)
Moda:  Mandiri

 

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  • CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya  di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif

Forum Diskusi 2 (2 JP)

  1. Setiap kelompok akan mempresentasikan hasil identifikasi aset/modal.
  2. Setiap kelompok memberikan umpan balik terhadap presentasi kelompok lain.
  3. Umpan balik yang diberikan berdasarkan beberapa pertanyaan ini: hal paling menarik yang ditemukan, hal yang paling ingin diketahui lebih lanjut lagi, dan hal yang mungkin sangat tidak berhubungan dengan aset sumber yang sedang kita diskusikan.
  4. Forum diskusi dilakukan menggunakan platform yang memungkinkan seluruh peserta bertatap muka, misalnya menggunakan zoom atau google meet.

TAGIHAN

  1. Hasil pemetaan/identifikasi semua aset yang dimiliki daerahnya. Hasil pemetaan/identifikasi bisa dalam bentuk poster, tabel, mind map, dan lain-lain.

Pemetaan Aset Daerah dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

1. Modal  Manusia

 

a. Guru

 

Guru Profesional (S1 dan S2) (Lia, Yudi)

Guru juara guru berprestasi dan berdedikasi (Siti Aan, Yudi)

Guru juara melukis dan puisi (Siti Aan)

Guru sebagai Instruktur (Yudi)

Guru kreatif dan inovatif (Siti Aan, Lia, Yudi)

b. Murid

 

Heterogen dengan berbagai potensi baik akademik maupun non akademik (Siti Aan, Lia, Yudi)

Murid Juara Melukis dan Mewarnai.

Juara 1 KSN Mtk+Astronomi,

Juara FLS2N Tari, poster

c. Orang tua dan Komite Yang selalu mendukung kebijakan sekolah dan PBM yang berpihak pada murid

 

d. Tenaga Kependidikan (Pustakawan, OPS, bidang Sapras, bidang Kesiswaan, bidang Kepegawaian, kesenian, Kebersihan)

 

2. Modal Sosial

 

Aturan sekolah yang tegas untuk menanamkan kedispilinan

PGRI, MGMP, gugus dan  IGTKI (Forum Berbagi untuk meningkatkan kompetensi)

Perguruan pencak silat

Komunitas keagamaan (Pondok pesantren, majlis ta’lim)

Masyarakat sekitar lingkungan petani dan konveksi

Parenting

 

3. Modal Fisik

 

Mesjid

Laboratorium Ipa

Laboratorium Komputer

Ruang Keorganisasan (OSIS, PMR, Pramuka, Paskibra dan PMR)

Ruang kelas yang menampung semua anak didik

Sarana prasarana yang memadai

Lapangan Upacara dan Olah Raga

Toilet murid, guru, tenaga kependidikan, kepala sekolah yang terpisah

Sumber air / sumur

4. Modal Lingkungan Alam

 

Udara Masih segar karena berada di lingkungan dataran tinggi dan persawahan

Kolam ikan

Kebun sekolah

Lahan masih luas dan hijau

Sekolah bersih

Pertanian dan perkebunan

Taman sekolah

5. Modal Finansial

 

Dana Bos

Koperasi sekolah, Guru dan siswa

Kebun sekolah

BOPD

Tabungan

BOP

6. Modal Politik

Pemerintahan daerah yang proaktif dan responsive kepada sekolah

Rapat rutin yang diselenggaran setiap bulan sebagai wadah aspirasi dan inspirasi setiap warga sekolah

Keamanan (Polisi)

 

7. Modal Agama dan Buadaya

 

Banyak lembaga keagamaan (Pondok Pesantren, Majlis Taklim, Madrasah)

Tokoh agama

Perayaan Hari besar Agama

Budaya berbagi untuk menumbuhkan empati

Salam Bahagia dan merdeka

 

Salam Guru Penggerak

 

 

Strategi dalam Pengelolaan Sumber Daya Aset daerah

 

1. Modal  Manusia 

 

Strategi Pengelolaannya

 

a. Guru

 

Mengikuti pengembangan diri (WORKshop, diklat, seminar)

Mengikuti perlombaan

Terlibat aktif sebagai narasumber

Berperan aktif dalam kegiatan organisasi

 

b. Murid

 

Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan perlombaan

Menjadi tutor sebaya

c. Orang tua dan Komite 

 

Melibatkan orang tua dan komite dalam rapat rutin

Menjadikan orang tua dan komite sebagai donator

d. Tenaga Kependidikan 

 

Memposisikan tenaga kependidikan sesuai tufoksi

 

 

 

2. Modal Sosial

 

Melibatkan orang tua sebagai narasumber dalam kegiatan parenting dan pembelajaran siswa

Mengapresiasi siswa yang terlibat dalam komunitas social

Berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi profesi (PGRI, MGMP, IGTKI)

Mengenalkan kepada anak macam-macam profesi yang di lingkungan sekolah

3. Modal Fisik

 

Perawatan sarana, prasarana sekolah

4. Modal Lingkungan Alam

 

Sabtu bersih

Mengadakan perlombaan Pengelolaan taman sekolah

5. Modal Finansial

 

Mengalokasikan sesuai anggaran dan peruntukan

Diwajibkan Menjadi anggota aktif

 

 

6. Modal Politik

·         Sarana belajar, Kunjungan

·         Menjalin komunikasi Kerja sama yang baik dengan pihak keamanan

7. Modal Agama dan Buadaya

·         Mengarahkan peserta didik untuk berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan baik virtual maupun non virtual (IRMA Jabar)

·         Mengisi acara keagamaan di sekolah

·         Mengadakan lomba-lomba

·         Kencleng(sedekah hari jumat dan hari senin, 

·         budaya berbagi berupa sumbangan sukarela untuk teman yang sedang kesulitan dan sakit)

 

0 komentar:

Posting Komentar