3.2.a.5.1
Ruang Kolaborasi- Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Web meeting - Pemimpin
dalam Pengelolaan Sumber Daya
Durasi : 4 JP (180 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP dapat mengidentifikasi
berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan
strategi pemanfaatannya secara efektif
Forum Diskusi 2 (2 JP)
- Setiap kelompok akan mempresentasikan
hasil identifikasi aset/modal.
- Setiap kelompok memberikan
umpan balik terhadap presentasi kelompok lain.
- Umpan balik yang diberikan berdasarkan beberapa
pertanyaan ini: hal paling menarik yang ditemukan,
hal yang paling ingin diketahui lebih lanjut lagi,
dan hal yang mungkin sangat tidak berhubungan dengan aset
sumber yang sedang kita diskusikan.
- Forum diskusi dilakukan
menggunakan platform yang memungkinkan
seluruh peserta bertatap muka, misalnya menggunakan zoom atau google
meet.
TAGIHAN
- Hasil pemetaan/identifikasi
semua aset yang dimiliki daerahnya. Hasil
pemetaan/identifikasi bisa dalam bentuk poster, tabel, mind
map, dan lain-lain.
Pemetaan Aset Daerah dalam Pengelolaan Sumber Daya
1. Modal Manusia
a. Guru
Guru Profesional (S1 dan S2) (Lia, Yudi)
Guru juara guru berprestasi dan berdedikasi (Siti Aan, Yudi)
Guru juara melukis dan puisi (Siti Aan)
Guru sebagai Instruktur (Yudi)
Guru kreatif dan inovatif (Siti Aan, Lia, Yudi)
b. Murid
Heterogen dengan berbagai potensi baik akademik maupun non
akademik (Siti Aan, Lia, Yudi)
Murid Juara Melukis dan Mewarnai.
Juara 1 KSN Mtk+Astronomi,
Juara FLS2N Tari, poster
c. Orang tua dan Komite Yang selalu mendukung kebijakan
sekolah dan PBM yang berpihak pada murid
d. Tenaga Kependidikan (Pustakawan, OPS, bidang Sapras,
bidang Kesiswaan, bidang Kepegawaian, kesenian, Kebersihan)
2. Modal Sosial
Aturan sekolah yang tegas untuk menanamkan kedispilinan
PGRI, MGMP, gugus dan IGTKI (Forum Berbagi untuk
meningkatkan kompetensi)
Perguruan pencak silat
Komunitas keagamaan (Pondok pesantren, majlis ta’lim)
Masyarakat sekitar lingkungan petani dan konveksi
Parenting
3. Modal Fisik
Mesjid
Laboratorium Ipa
Laboratorium Komputer
Ruang Keorganisasan (OSIS, PMR, Pramuka, Paskibra dan PMR)
Ruang kelas yang menampung semua anak didik
Sarana prasarana yang memadai
Lapangan Upacara dan Olah Raga
Toilet murid, guru, tenaga kependidikan, kepala sekolah yang
terpisah
Sumber air / sumur
4. Modal Lingkungan Alam
Udara Masih segar karena berada di lingkungan dataran tinggi
dan persawahan
Kolam ikan
Kebun sekolah
Lahan masih luas dan hijau
Sekolah bersih
Pertanian dan perkebunan
Taman sekolah
5. Modal Finansial
Dana Bos
Koperasi sekolah, Guru dan siswa
Kebun sekolah
BOPD
Tabungan
BOP
6. Modal Politik
Pemerintahan daerah yang proaktif dan responsive kepada
sekolah
Rapat rutin yang diselenggaran setiap bulan sebagai wadah
aspirasi dan inspirasi setiap warga sekolah
Keamanan (Polisi)
7. Modal Agama dan Buadaya
Banyak lembaga keagamaan (Pondok Pesantren, Majlis Taklim,
Madrasah)
Tokoh agama
Perayaan Hari besar Agama
Budaya berbagi untuk menumbuhkan empati
Salam Bahagia dan merdeka
Salam Guru Penggerak
Strategi dalam Pengelolaan Sumber Daya Aset daerah
1. Modal Manusia
Strategi Pengelolaannya
a. Guru
Mengikuti pengembangan diri (WORKshop, diklat, seminar)
Mengikuti perlombaan
Terlibat aktif sebagai narasumber
Berperan aktif dalam kegiatan organisasi
b. Murid
Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan perlombaan
Menjadi tutor sebaya
c. Orang tua dan Komite
Melibatkan orang tua dan komite dalam rapat rutin
Menjadikan orang tua dan komite sebagai donator
d. Tenaga Kependidikan
Memposisikan tenaga kependidikan sesuai tufoksi
2. Modal Sosial
Melibatkan orang tua sebagai narasumber dalam kegiatan
parenting dan pembelajaran siswa
Mengapresiasi siswa yang terlibat dalam komunitas social
Berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi profesi
(PGRI, MGMP, IGTKI)
Mengenalkan kepada anak macam-macam profesi yang di
lingkungan sekolah
3. Modal Fisik
Perawatan sarana, prasarana sekolah
4. Modal Lingkungan Alam
Sabtu bersih
Mengadakan perlombaan Pengelolaan taman sekolah
5. Modal Finansial
Mengalokasikan sesuai anggaran dan peruntukan
Diwajibkan Menjadi anggota aktif
6. Modal Politik
·
Sarana belajar,
Kunjungan
·
Menjalin komunikasi
Kerja sama yang baik dengan pihak keamanan
7. Modal Agama dan
Buadaya
·
Mengarahkan peserta
didik untuk berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan baik virtual maupun non
virtual (IRMA Jabar)
·
Mengisi acara
keagamaan di sekolah
·
Mengadakan lomba-lomba
·
Kencleng(sedekah hari
jumat dan hari senin,
·
budaya berbagi berupa
sumbangan sukarela untuk teman yang sedang kesulitan dan sakit)
0 komentar:
Posting Komentar