3.3.a.5.
Ruang Kolaborasi - Kelompok Mandiri
Durasi: 3 JP
Moda: Kerja Kelompok
"Kebersamaan itu seperti permulaan, kemudian menjaga
kebersamaan merupakan kemajuan dan bekerja bersama merupakan
keberhasilan."
- Henry Ford -
Tujuan Pembelajaran Khusus: Berdasarkan pemahaman mereka terhadap
konsep kepemimpinan murid, CGP akan bekerja dalam kelompok membuat
gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara,
pilihan, kepemilikan murid.
Pertanyaan Pemantik
- Sejauh mana pemahaman saya
tentang konsep kepemimpinan murid telah berubah?
- Bagaimana kolaborasi dapat
membantu saya memahami proses perencanaan program atau kegiatan yang
menumbuhkan kepemimpinan murid?
- Gagasan apa saja yang saya
miliki untuk menginisiasi program atau kegiatan yang menumbuhkembangkan
kepemimpinan murid?
Bapak/Ibu, kita telah
memasuki tahapan pembelajaran yang keempat. Kami berharap, Bapak/ibu sudah
semakin memiliki pemahaman yang semakin baik terkait dengan konsep kepemimpinan
murid. Di tahapan belajar yang keempat ini, Bapak/Ibu akan mulai menggunakan
pengetahuan dan pemahaman bapak Ibu tersebut untuk mencoba membayangkan sebuah
program atau kegiatan sekolah yang secara sengaja dirancang untuk mendorong
tumbuhnya kepemimpinan murid. Kami berharap bapak/Ibu dapat terlibat secara
aktif dalam diskusi dengan rekan-rekan CGP yang lain dalam proses ini.
Berikut adalah
beberapa tahapan kegiatan yang akan lakukan pada kegiatan ini:
- Bekerja dalam kelompok diskusi
terdiri dari 4 – 5 peserta yang heterogen. (Pembagian kelompok dapat
disesuaikan dengan pembagian kelompok yang dilakukan di modul 3.2)
- Menentukan jenis kegiatan atau
program sekolah yang ingin dikembangkan, baik intra, ko, atau ekstra
kurikuler.
- Menentukan jenjang yang ingin
menjadi target.
- Melihat kembali 7 karakteristik
lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
- Memilih minimal satu (boleh
memilih lebih dari 1) karakteristik lingkungan yang ingin Bapak/Ibu
bangun. Misalnya: Saya ingin membangun lingkungan sekolah yang
mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif, dan
bijaksana.
- Mendiskusikan bersama kelompok,
kira-kira program atau kegiatan apa yang bisa dibuat untuk mengembangkan
keterampilan berinteraksi secara positif, arif, dan bijaksana. Karena
tahapan ini masih dalam batas curah ide dan gagasan, jangan ragu-ragu
untuk menyampaikan gagasan yang bapak/ibu miliki. Jika bingung, Bapak/ibu
juga bisa menggunakan program yang sudah berlangsung saat ini di sekolah,
yang menurut pendapat Bapak/ibu dapat mengembangkan lingkungan belajar
yang diinginkan tersebut.
Sebagai contoh, satu kegiatan atau program yang dapat dilakukan
untuk mengembangkan keterampilan berinteraksi secara positif, arif, dan
bijaksana adalah melalui program “Membaca untuk Adik Kelas.” Tahap
awal yang dilakukan adalah menjabarkan apa, bagaimana, dan
mengapa program itu dilakukan.
Apa (Tuliskan judul deskriptif singkat untuk
program/kegiatan kelompok Bapak/Ibu. Berikan ringkasan umum program atau
kegiatan Bapak/Ibu. Pastikan untuk menyertakan tujuan).
- Program
“Membaca untuk Adik Kelas”.
- Membaca untuk Adik Kelas” ini adalah sebuah program ko-kurikuler
yang disamping memiliki tujuan untuk mengembangkan kecintaan
membaca, namun juga menciptakan interaksi yang positif antara murid-murid.
Bagaimana (Berikan ringkasan tentang bagaimana program/kegiatan
ini akan dijalankan)
- Kegiatan membaca ini
akan dilakukan pada jam istirahat atau jam-jam lain yang disepakati bersama
dengan murid dan guru.
- Program ini adalah program terjadwal dimana setiap minggu sekali, setiap
murid di kelas 4-6 akan secara rutin membaca bersama satu orang adik kelasnya
(dari Kelas 1-3) selama 10 menit.
- Selain kakak kelas yang membacakan buku kepada adiknya, kakak kelas juga akan
mendapatkan (memanen) umpan balik dari adik kelas yang dibacakan buku
Mengapa (jelaskan alasan mengapa kelompok Anda memilih program
ini):
- Memberikan
kesempatan murid untuk semakin sering berinteraksi secara positif dengan adik
kelas atau kakak kelas mereka.
- Murid akan belajar membangun interaksi yang positif. Lewat interaksi ini,
selain belajar membaca atau meningkatkan keterampilan membaca.
- Adik kelas dapat belajar sikap menghargai dan kakak kelas belajar mengayomi
adik kelas sehingga diharapkan tercipta interaksi sosial yang positif.
- Buatlah sebuah diagram Y.
Tandai setiap bagian dari diagram tersebut dengan:
suara/pilihan/kepemimpinan. Di setiap bagiannya, silahkan diskusikan
bagaimana strategi yang akan bapak/Ibu pilih untuk mendorong
suara/pilihan/kepemimpinan murid terkait dengan program “Membaca untuk
Adik Kelas” ini. Pastikan proses diskusi bersama rekan-rekan CGP lainnya
memberikan kesempatan bagi Bapak/Ibu untuk mengeksplorasi berbagai cara
atau kemungkinan untuk mendorong munculnya suara/pilihan/kepemilikan
murid.
- Setelah itu, deskripsikanlah
program “Membaca untuk Adik Kelas” secara singkat dengan jelas agar orang
lain dapat memahami program tersebut (sesuai dengan contoh yang diberikan
pada poin 6 di atas). Bapak/Ibu dapat membuat deskripsi ini dalam bentuk
narasi/ ppt/paragraf atau bentuk lain yang diinginkan.
- Karena tahapan ini masih dalam
bentuk gagasan, bapak/ibu tidak perlu memikirkan aspek teknis pembuatan
sebuah program agar Bapak dan Ibu dapat lebih bebas, kreatif, dan inovatif
dalam menuangkan gagasan.
- Hasil perencanaan program yang
berdampak diunggah oleh masing-masing anggota kelompok di bagian Unggah Hasil
Ruang Kolaborasi dan kemudian presentasikanlah hasil kerja
kelompok Anda kepada kelompok lain.
- Jadwal presentasi akan
ditentukan oleh fasilitator.
- Pada saat kelompok lain
melakukan presentasi, Bapak/Ibu akan diminta untuk memberikan komentar
atau saran perbaikan kepada kelompok lain.
- Berikut ini adalah panduan yang
dapat digunakan untuk memberikan komentar atau saran terhadap presentasi
kelompok lain:
- Apa yang paling menarik dari
presentasi yang disampaikan oleh kelompok tersebut?
- Menurut Anda,apakah gagasan
program yang disampaikan dapat diimplementasikan?
- Berikan ide/saran yang dapat
membantu pelaksanaan gagasan program kelompok tersebut (menjadi lebih
baik).
0 komentar:
Posting Komentar