Durasi : 1 JP (45 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran
Khusus: Mengingat
kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin
dalam pengelolaan sumber daya.
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, selamat datang pada kegiatan
pembelajaran 1.
Pada sesi ini, Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang
bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal Anda tentang ekosistem
sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
Mulai dari Diri
CGP diminta menjawab beberapa
pertanyaan di bawah ini untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang
materi kali ini.
Setelah mengingat sosok
pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin
yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?
Pemimpin yang ideal yaitu
bijaksana, mengayomi, bisa menjadi inspirasi, mampu menggerakkan orang lain
untuk bekerjasama dalam mewujudkan visi, mampu mengakomodir setiap aspirasi
dari anak buahnyadan selanjutnya mampu mewujdukan ide kreatid dan inovatif.
Tugas Seorang pemimpin adalah membuat keputusan yang bertanggung jawab adil dan
bijaksana, memajukan komunitas yang dipimpinnya, mempunyai visi yang jelas,
memberikan pengaruh yang positif kepada yang dipimpinnya.
Masih ingatkah kita apa
yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu? Apabila
kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah
faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah
ini.
Ekosistem merupakan proses yang dilakukan makhluk hidup
dengan alam sekitarnya sebagai buah dari interaksi timbal balik keduanya. Jika dihubungkan
dengan ekosistem sekolah bahwa lingkungan sekolah yang terdiri dari kepala
sekolah, guru, murid, penjaga sekolah yang saling memiliki hubungan timbal
balik. Faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah antara lain sumber daya yang
ada didalamnya sebagai aset baik infrastruktur, kepala sekolah, guru murid,
alam sekitar, masyarakat sekitar.
Apa yang Anda ketahui
tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di
sekolah? Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?
Peran seorang pemimpin
dalam pengelolaan sumber daya di sekolah adalah, seorang pemimpin yang bisa
menggunakan sumber daya yang ada disekolah sebagai aset untuk mengembangkan
potensi yang dimilili sekolah sehingga berdampak positif. Sumber daya yang
dimiliki sekolah diantaranya, siswa, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan,
sarana prasarana dan lingkungan
Bagaimana Anda menggambarkan
posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan
menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya
sekolah.
Posisi saya yaitu sebagai
salah satu aset (guru). Kekuatan yang saya miliki yaitu bisa memberikan
pembelajaran yang berpihak pada murid, kelemahan saya yaitu kurang dalam
berkomunikasi secara asertif
Saat ini saya adalah seorang guru mata pelajaran, saya juga diberikan
tugas tambahan sebagai operator Dapodik disekolah untuk mengelola data yang ada di sekolah.
Kekuatan yang saya miliki sebagai operator dapodik adalah dapat mengorganisir
data siswa dan rekan-rekan guru di sekolah untuk mengelola data siswa dan guru
dengan baik .
Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik,
pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?
Diri sendiri:
Murid:
Sekolah:
Harapan saya sebagai seorang pendidik, pemimpin dan murid.
- Diri
sendiri : dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu mengelola sumber daya
dengan memaksimalkan potensinya.
- Murid
: menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid
- Sekolah
: menjadi seorang operator sekolah yang dapat memberikan data dan
pengertian kepada guru tentang pentingnya data di dapodik, terutama KK,
karena masih banyak siswa di sekolah kami yang belum mempunyai KK
Bagi
diri sendiri yaitu untuk menambah ilmu dan wawasan terbaru sehingga bisa
menerapkannya pada kelas yang saya ampu
Murid : siswa bisa
mendapatkan dampak yang baik tentang ilmu baru yang saya dapatkan
Sekolah : Bisa
menerapkan ilmu yang ada dan diterapkan dilingkungan sekolah, sehingga bisa
mewujudkan merdeka belajar
Apa saja kegiatan.
Materi, manfaat, yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Tentunya Kegiatan, Materi
yang nantinya bisa bermanfaat bagi diri saya sendiri, siswa, sekolah dan
lingkungan sekitar
Harapan saya dalam mempelajari modul ini agar mampu menggali potensi
saya sebagai seorang pemimpin yang dapat mengelola sumber daya sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar