3.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Durasi : 2 JP
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP
mampu mengaitkan prakarsa perubahan yang mereka buat dengan modul-modul
sebelumnya untuk menguatkan desain dan kerangka/dasar teori dari
program/kegiatan yang berdampak pada murid,
- CGP
akan merumuskan rancangan program/kegiatan pada tahap demonstrasi
kontekstual (BAGJA) menjadi rencana program intrakurikuler, atau
kokurikuler, atau ekstrakurikuler yang akan mereka wujudkan tahap demi
tahap sesuai kerangka waktu atau lini masa yang disediakan pada tahap aksi
nyata nanti.
Pertanyaan Pemantik:
- Bagaimana
saya dapat mengaitkan intisari dari materi modul-modul guru penggerak yang
telah saya pelajari untuk menjadi landasan teori bagi rencana
program/kegiatan yang berdampak pada murid yang saya buat?
- Apa
saja elemen-elemen yang harus ada dalam sebuah rencana program/kegiatan
yang memberikan dampak pada murid?
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak.
Bapak/Ibu
CGP, saat ini Bapak/Ibu telah memasuki tahapan pembelajaran ke-8 yaitu tahapan
Koneksi Antarmateri. Tahapan ini sangat menarik dan menantang karena Bapak/Ibu
akan diminta untuk melakukan kilas balik dan mereview kembali modul-modul
sebelumnya serta mengaitkannya satu sama lain untuk membantu Bapak/Ibu
merumuskan landasan bagi rancangan program/kegiatan yang telah Bapak/Ibu buat
pada tahapan demonstrasi kontekstual, agar rancangan tersebut dapat menjadi
sebuah rencana program atau kegiatan yang komprehensif, yang kemudian akan
dapat Bapak/Ibu wujudkan tahap demi tahapnya, sesuai kerangka waktu yang
disediakan pada tahap aksi nyata nanti.
Adapun
tagihan pekerjaan yang akan dibebankan pada bapak/Ibu di tahapan ini adalah:
- Rancangan
program/kegiatan. Mohon untuk diIngat, ketika kita bicara tentang
program/kegiatan, maka ini bisa termasuk program/kegiatan pembelajaran
intrakurikuler, atau kokurikuler, atau ekstrakurikuler. (Bapak/Ibu bisa
memilih salah satu)
- Sajikan
rancangan program/kegiatan tersebut dalam bentuk powerpoint presentation,
maksimal 10 slides saja.
- Unggahlah
PPT Bapak/Ibu di LMS.
- Di
dalam slide ppt tersebut, Bapak/Ibu harus memasukkan beberapa komponen
berikut ini:
Koneksi antar materi 3 pdf
JUDUL PROGRAM
PROGRAM LITERASI TEKNOLOGI DALAM
PENGOPERASIAN DASAR KOMPUTER UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
TUJUAN
PROGRAm
Tujuan
dibuatnya program masuk ke dalam ko kurikuler sekolah, dimana Program tersebut
sebagai pendukung dalam mensukseskan Assasmen Nasional dan Untuk mendukung
kegatan akademik dan non akademik.Dimana Program ini juga hasil Refleksi dari
Visi Sekolah yaitu berpihak pada murid.
Dari
program tersebut ada beberapa Komponen Profil Pelajar Pancasila yang muncul
yaitu Kemandirian, kreatifitas dan gotong royong. Program ini dirancang
berdasarkan suara murid (voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership),
sehingga murid dapat menentukan sendiri capaian pembelajarannya dan memiliki
tanggung jawab didalam prosesnya
LATAR BELAKANG
Penguasaan
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) saat ini sangat penting, terutama
dalam pengoperasion komputer lebih khusus mengetik. Sudah 1 tahun ini
Kemendikbudristek menyelenggarakn Asesmen Nasional bagi semua jenjang
pendidikan dari SD/sederajat-SMA/SMk sederajat. Dimana Asesmen Nasional ini
adalah digunakan untuk Rapor Pendidikan Sekolah. Dan dalam Asesmen ini
dilakukan secara semi online atau online, tentunya berbasis computer. Padahah
di dalam Kurikulum 2013 pelajaran TIK sudah tidak masuk menjadi pelajaran
wajib. Maka dalam hal ini saya mencoba menerapkan pembelajaran BKTIK, untuk
mendukung kegiatan tersebut.
Dengan
melakukan praktikum mengoperasikan computer (mengetik) di Laboratorium
diharapkan nantinya dapat membantu siswa dalam mengikuti Kegiatan Asesmen
Nasional dimana Kegiatan Assesmen Nasional ini ditujukan kepada siswa SMP Kelas
8. Saya memiluh Progran ini karena sebagian besar siswa di SMP YPK Betlehem
Wamena, masih belum familiar dengan computer. Penting kiranya jika di SMP YPK
Betlehem Wamena saya berikan materi BKTIK yang mana arah pembelajarnnya peserta
dibekali pengetahuan dan ketrampilan cara mengetik, dan penggunaan perangkat
computer. Kegiatan yang saya ambil ini termasuk ke dalam Kegiatan Ko Kurikuler.
CAPAIAN,
LANGKAH-LANGKAH DAN HASIL YANG
DIHARAPKAN UNTUK TIAP TUJUAN
BUAT
PERTANYAAN
Pada
tahap ini saya melakukan sesi dialog bersama murid untuk mengetahui suara,
pilihan dan kepemilikan terkait program yang akan dilakukan (berlangsung 6
hari)
Apa yang harus saya lakukan supaya siswa bisa mengikuti
Kegiatan Asesmen Nasional dengan baik ?
AMBIL
PELAJARAN
Pada
tahap ini saya melakukan survey dan melalukan curah pendapat bersama murid
terkait sejauh mana mengenal tentang
pengetahuan dasar pengoperasian computer (berlangsung 6 hari)
GALI
MIMPI
Mendapatkan aspirasi, ide-ide dan pendapat murid tentang pengembangan
potensi diri murid dengan mengadakan kegiatan ko kurikuler pengoperasian dasar
computer (berlangsung 6 hari)
JABARKAN RENCANA
Melakukan musyawarah untuk mendapatkan dukungan sehingga Komitmen dari murid dalam pelaksanaan program
ini supaya bisa bermanfaat bagi murid
(berlangsung 6 hari)
ATUR EKSEKUSI
Pada tahap
ini saya Menyediakan lembar kerja berupa contoh surat, laporan atau presentasi
sehingga siswa dapat menunjukkan dan mengembangkan dirinya dengan kegiatan
pengoperasioan dasar computer
STRUKTUR
PROGRAM DAN MITRA
Program ini
dilakukan di SMP YPK Betlehem Wamena mencakup kelas 7-9,
Waktu
pelaksanaan dilakukan selama siswa bersekolah di SMP YPK Betlehem Wamena. Dan
dilaksanakan per kelas setiap bimbingan.
Mitra utama
ada dari program ini berdasarkan pemetaan aset yang sudah dilakukan salah
satunya Modal Manusia (Murid, guru, kepala sekolah, orang tua). Modal Fisik
adanya Laboratorium computer yang bisa mengakomodir satu kelas. Modal Finansial
juga merupakan salah satu aset yaitu untuk pendanaan biaya listrik. Untuk
mendukung Program/kegiatan tersebut.
PERNYATAAN
TENTANG KAPASITAS YANG DIMILIKI KELAS/SEKOLAH
Kapasitas
Sumber Daya yang dimiliki oleh sekolah dalam hal ini yaitu Modal Manusia
(Murid, Guru, Kepala Sekolah) memiliki keinginan yang tinggi untuk belajar
tentang computer untuk mendukung pembelajaran yang berpihak pada murid.
Hubungan
yang terjadi antara guru dan murid bersifat kemitraan dimana murid memiliki
keinginan untuk maju dengan terus mengupdate kemampuan di bidang teknologi.
Selain itu guru sebagai pemimpin pembelajaran diharapkan mampu mengajarkan
nilai-nilai kebajikan, pembelajaran sosial emosioanl kepada siswa. Serta
menerapkan profil Pelajar Pancasila supaya melekat dalam diri siswa tersebut.
Diantaranya kreatifitas, kemandirian, bergotong royong untuk menghasilkan
sebuah karya.
RENCANA
EVALUASI
Evaluasi
program ini dilakukan secara konsisten dengan melibatkan seluruh murid. Dengan
cara melakukan survey, wawancara dengan murid, serta refleksi dari murid.
Hasil
evaluasi tersebut nantinya akan digunakan untuk meningkatkan apa yang kurang
dan perlu diperbaiki dalam program ini
KEMUNGKINAN
TANTANGAN
Beberapa
kemungkinan tantangan bisa saja terjadi, salah satunya yaitu jika mendapatkan
giliran pemadaman listrik, karna sekolah belum mempunyai genset, serta jadwal
kegiatan yang berbenturan dengan kegiatan yang lain, contohnya rapat guru, hari
libur dan hal-hal lain yang tidak terduga
0 komentar:
Posting Komentar