Senin, 11 Juli 2022

3.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 3.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Durasi : 2 JP

Tujuan Pembelajaran Khusus:  

  • CGP mampu mengaitkan prakarsa perubahan yang mereka buat dengan modul-modul sebelumnya untuk menguatkan desain dan kerangka/dasar teori dari program/kegiatan yang berdampak pada murid,
  • CGP akan merumuskan rancangan program/kegiatan pada tahap demonstrasi kontekstual (BAGJA) menjadi rencana program intrakurikuler, atau kokurikuler, atau ekstrakurikuler yang akan mereka wujudkan tahap demi tahap sesuai kerangka waktu atau lini masa yang disediakan pada tahap aksi nyata nanti.

Pertanyaan Pemantik:

  1. Bagaimana saya dapat mengaitkan intisari dari materi modul-modul guru penggerak yang telah saya pelajari untuk menjadi landasan teori bagi rencana program/kegiatan yang berdampak pada murid yang saya buat?
  2. Apa saja elemen-elemen yang harus ada dalam sebuah rencana program/kegiatan yang memberikan dampak pada murid?



Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak.

Bapak/Ibu CGP, saat ini Bapak/Ibu telah memasuki tahapan pembelajaran ke-8 yaitu tahapan Koneksi Antarmateri. Tahapan ini sangat menarik dan menantang karena Bapak/Ibu akan diminta untuk melakukan kilas balik dan mereview kembali modul-modul sebelumnya serta mengaitkannya satu sama lain untuk membantu Bapak/Ibu merumuskan landasan bagi rancangan program/kegiatan yang telah Bapak/Ibu buat pada tahapan demonstrasi kontekstual, agar rancangan tersebut dapat menjadi sebuah rencana program atau kegiatan yang komprehensif, yang kemudian akan dapat Bapak/Ibu wujudkan tahap demi tahapnya,  sesuai kerangka waktu yang disediakan pada tahap aksi nyata nanti.

Adapun tagihan pekerjaan yang akan dibebankan pada bapak/Ibu di tahapan ini adalah:

  1. Rancangan program/kegiatan. Mohon untuk diIngat, ketika kita bicara tentang program/kegiatan, maka ini bisa termasuk program/kegiatan pembelajaran intrakurikuler, atau kokurikuler, atau ekstrakurikuler. (Bapak/Ibu bisa memilih salah satu)
  2. Sajikan rancangan program/kegiatan tersebut dalam bentuk powerpoint presentation, maksimal 10 slides saja.
  3. Unggahlah PPT Bapak/Ibu di LMS.
  4. Di dalam slide ppt tersebut, Bapak/Ibu harus memasukkan beberapa komponen berikut ini:

Koneksi antar materi 3 pdf

 

JUDUL PROGRAM

PROGRAM LITERASI TEKNOLOGI DALAM PENGOPERASIAN DASAR KOMPUTER UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK

 

TUJUAN PROGRAm

Tujuan dibuatnya program masuk ke dalam ko kurikuler sekolah, dimana Program tersebut sebagai pendukung dalam mensukseskan Assasmen Nasional dan Untuk mendukung kegatan akademik dan non akademik.Dimana Program ini juga hasil Refleksi dari Visi Sekolah yaitu berpihak pada murid.

Dari program tersebut ada beberapa Komponen Profil Pelajar Pancasila yang muncul yaitu Kemandirian, kreatifitas dan gotong royong. Program ini dirancang berdasarkan suara murid (voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership), sehingga murid dapat menentukan sendiri capaian pembelajarannya dan memiliki tanggung jawab didalam prosesnya

LATAR BELAKANG

Penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) saat ini sangat penting, terutama dalam pengoperasion komputer lebih khusus mengetik. Sudah 1 tahun ini Kemendikbudristek menyelenggarakn Asesmen Nasional bagi semua jenjang pendidikan dari SD/sederajat-SMA/SMk sederajat. Dimana Asesmen Nasional ini adalah digunakan untuk Rapor Pendidikan Sekolah. Dan dalam Asesmen ini dilakukan secara semi online atau online, tentunya berbasis computer. Padahah di dalam Kurikulum 2013 pelajaran TIK sudah tidak masuk menjadi pelajaran wajib. Maka dalam hal ini saya mencoba menerapkan pembelajaran BKTIK, untuk mendukung kegiatan tersebut.

Dengan melakukan praktikum mengoperasikan computer (mengetik) di Laboratorium diharapkan nantinya dapat membantu siswa dalam mengikuti Kegiatan Asesmen Nasional dimana Kegiatan Assesmen Nasional ini ditujukan kepada siswa SMP Kelas 8. Saya memiluh Progran ini karena sebagian besar siswa di SMP YPK Betlehem Wamena, masih belum familiar dengan computer. Penting kiranya jika di SMP YPK Betlehem Wamena saya berikan materi BKTIK yang mana arah pembelajarnnya peserta dibekali pengetahuan dan ketrampilan cara mengetik, dan penggunaan perangkat computer. Kegiatan yang saya ambil ini termasuk ke dalam Kegiatan Ko Kurikuler.

 

CAPAIAN, LANGKAH-LANGKAH  DAN HASIL YANG DIHARAPKAN UNTUK TIAP TUJUAN

BUAT PERTANYAAN

Pada tahap ini saya melakukan sesi dialog bersama murid untuk mengetahui suara, pilihan dan kepemilikan terkait program yang akan dilakukan (berlangsung 6 hari)

 

Apa yang harus saya lakukan supaya siswa bisa mengikuti Kegiatan Asesmen Nasional dengan baik ?

AMBIL PELAJARAN

Pada tahap ini saya melakukan survey dan melalukan curah pendapat bersama murid terkait sejauh  mana mengenal tentang pengetahuan dasar pengoperasian computer (berlangsung 6 hari)

 

 

GALI MIMPI

Mendapatkan aspirasi, ide-ide dan pendapat murid tentang pengembangan potensi diri murid dengan mengadakan kegiatan ko kurikuler pengoperasian dasar computer (berlangsung 6 hari)

 

JABARKAN RENCANA

Melakukan musyawarah untuk mendapatkan dukungan sehingga  Komitmen dari murid dalam pelaksanaan program ini supaya bisa bermanfaat bagi murid  (berlangsung 6 hari)

 

ATUR EKSEKUSI

Pada tahap ini saya Menyediakan lembar kerja berupa contoh surat, laporan atau presentasi sehingga siswa dapat menunjukkan dan mengembangkan dirinya dengan kegiatan pengoperasioan dasar computer

 

STRUKTUR PROGRAM DAN MITRA

Program ini dilakukan di SMP YPK Betlehem Wamena mencakup kelas 7-9,

Waktu pelaksanaan dilakukan selama siswa bersekolah di SMP YPK Betlehem Wamena. Dan dilaksanakan per kelas setiap bimbingan.

Mitra utama ada dari program ini berdasarkan pemetaan aset yang sudah dilakukan salah satunya Modal Manusia (Murid, guru, kepala sekolah, orang tua). Modal Fisik adanya Laboratorium computer yang bisa mengakomodir satu kelas. Modal Finansial juga merupakan salah satu aset yaitu untuk pendanaan biaya listrik. Untuk mendukung Program/kegiatan tersebut.

 

PERNYATAAN TENTANG KAPASITAS YANG DIMILIKI KELAS/SEKOLAH

Kapasitas Sumber Daya yang dimiliki oleh sekolah dalam hal ini yaitu Modal Manusia (Murid, Guru, Kepala Sekolah) memiliki keinginan yang tinggi untuk belajar tentang computer untuk mendukung pembelajaran yang berpihak pada murid.

Hubungan yang terjadi antara guru dan murid bersifat kemitraan dimana murid memiliki keinginan untuk maju dengan terus mengupdate kemampuan di bidang teknologi. Selain itu guru sebagai pemimpin pembelajaran diharapkan mampu mengajarkan nilai-nilai kebajikan, pembelajaran sosial emosioanl kepada siswa. Serta menerapkan profil Pelajar Pancasila supaya melekat dalam diri siswa tersebut. Diantaranya kreatifitas, kemandirian, bergotong royong untuk menghasilkan sebuah karya.

 

RENCANA EVALUASI

Evaluasi program ini dilakukan secara konsisten dengan melibatkan seluruh murid. Dengan cara melakukan survey, wawancara dengan murid, serta refleksi dari murid.

Hasil evaluasi tersebut nantinya akan digunakan untuk meningkatkan apa yang kurang dan perlu diperbaiki dalam program ini

 

KEMUNGKINAN TANTANGAN

Beberapa kemungkinan tantangan bisa saja terjadi, salah satunya yaitu jika mendapatkan giliran pemadaman listrik, karna sekolah belum mempunyai genset, serta jadwal kegiatan yang berbenturan dengan kegiatan yang lain, contohnya rapat guru, hari libur dan hal-hal lain yang tidak terduga

Rencana solusi untuk menghadapinya yaitu dengan menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran yaitu dengan menggunakan 3 Prinsip, 4 Paradigma dan 9 Langkah Pengujian dan Pengambilan Keputusan

0 komentar:

Posting Komentar