3.2.a.4.1.
Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Durasi : 2 JP (90 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran
Khusus:
- CGP dapat memahami potensi
sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya.
- CGP dapat mengevaluasi hasil
pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk
meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.
- CGP dapat memahami cara
berpikir dengan pendekatan asset-based thinking
Setelah kita membaca
penjelasan tentang pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset, Ayo kita
lihat ulang jawaban dari pertanyaan pemantik yang telah dicatat
sebelumnya.
Selanjutnya silahkan
jawab pertanyaan yang disajikan pada halaman berikutnya.
Mulai dari Diri
CGP diminta menjawab beberapa
pertanyaan di bawah ini untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang
materi kali ini.
Apa contoh pengelolaan
sumber daya sekolah kita dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis
Aset?
Bagaimanakah selama ini
kita mengelola sumber daya? Apakah sudah menggunakan Pendekatan Pengembangan
Komunitas Berbasis Aset?
Jika belum, bagaimana
caranya kita mengelola dengan Pendekatan Pengembangan Sekolah Berbasis
Aset?
Sebelum melakukan telaah materi, CGP mempelajari terlebih
dahulu pertanyaan pemantik berikut ini :
Pertanyaan Pemantik
Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah
ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka
faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?
Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan?
Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala
sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah?
Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam
mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?
Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki
untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini?. Jelaskan!
Seberapa efektif sumber daya sekolah yang kita miliki dalam
mendukung kualitas pembelajaran di sekolah?. Jelaskan!
Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk
memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas
pembelajaran murid?
Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan
sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?
Jawaban
Faktor Biotik meliputi : murid, guru, kepala sekolah, dan
pengawas serta komite sekolah. sedangkan Faktor abiotik meliputi : sarana
prasarana dan keuangan.
Kepala sekolah menjadi manager yang aktif dan efektif dalam
mengelola keberlangsungan sekolah.
Kepala sekolah sebagai motivator, pengelolaa, manager dan
penumbuh karakter warga sekolah.
Kepala sekolah Mampu memotivasi, mengelola, memanage, dan
memahami karakter setiap warga sekolah.
Dampak fasilitas yang dimiliki sekolah adalah untuk
menunjang program pusat sumber belajar agar kegiatan berjalan efisien,
meningkatkan perhatian dan interaksi sesuai kemampan minat siswa, membuat siswa
rajin dan tekun sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran sekolah.
Ketersediaan sumber daya sekolah merupakan salah satu faktor
penunjang dalam pencapaian tujuan sekolah. Sumber daya sekolah yang dimiliki
akan mempermudah peserta didik untuk mendapatkan haknya dan sumber daya juga
sangat besar pengaruhnya dalam mendukung kualitas pembelajaran di sekolah.
Peserta didik akan lebih mudah menguasai suatu konsep dengan memanfaatkan
sumber daya yang lengkap yang dimiliki sekolah.
Dengan memaksimalkan keterlibatan masyarakat yang tinggi
termasuk integritas dan komitmen.
Sekolah menjadikan alam sekitar dan lingkungan sebagai
sumber pengetahuan dan pengalaman yang dapat mendewakan peserta didik. Bekerja
sama dengan masyarakat untuk memberikan keleluasaan peserta mendapatkan
pengetahuan dan pengalaman dari mereka serta Memberikan ruang dan waktu kepada
peserta didik untuk mendapatkan informasi secara utuh takkala melakukan
kunjungan.
0 komentar:
Posting Komentar