3.3.a.7.
Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Ketika aku bermimpi sendiri, itu hanyalah
sebuah mimpi. Ketika kita bermimpi bersama, itu adalah awal sebuah kenyataan.
Ketika kita bekerja bersama, mengikuti mimpi kita, itu adalah penciptaan surga
di dunia.
Durasi : 2 JP
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran
Khusus:
CGP dapat
mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam
bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan
BAGJA dalam rangka menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan
mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain
dalam komunitas sekolahnya.
Pertanyaan
Pemantik
- Bagaimana kerangka BAGJA dapat
membantu perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau
ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler?
- Apa saja yang perlu
dipertimbangkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan
intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler?
- Siapa saja yang perlu
dilibatkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler,
atau ekstrakurikuler, atau kokurikuler?
Selamat bertemu
kembali bapak/Ibu CGP. Semoga Bapak/Ibu senantiasa sehat dan semangat mengikuti
program pembelajaran guru penggerak ini. Saat ini Bapak/Ibu telah sampai pada
tahapan pembelajaran ke-6. Dalam tahapan ini, Bapak/Ibu CGP akan membuat
perencanaan program/kegiatan yang lebih detail di sekolah masing-masing. Jika
pada tahapan Demonstrasi Kontekstual Bapak/Ibu baru sebatas mengeksplorasi
gagasan dan membuat gambaran umum, di tahapan ini Bapak/ibu CGP akan mencoba
membuat rencana perubahan terkait dengan program/kegiatan yang ingin Bapak/Ibu
terapkan. Bapak/Ibu CGP dapat memilih apakah kegiatan atau program yang ingin
dirancang adalah kegiatan atau program intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau
ko-kurikuler. Hal terpenting adalah saat merancang program/kegiatan
tersebut, Bapak/Ibu CGP harus menggambarkan suara, pilihan, kepemilikan
murid, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang mendukung
tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.
Bapak/Ibu CGP dapat
memanfaatkan ide-ide yang telah didiskusikan dalam tahap ruang kolaborasi untuk
menyusun rumusan prakarsa perubahan bagi sekolah Bapak/Ibu sendiri. Kemudian,
menggunakan kerangka manajemen perubahan BAGJA (yang telah dipelajari di
modul-modul sebelumnya) dengan menyusun pertanyaan dan apa yang harus dilakukan
dalam setiap tahapan BAGJA dengan mempertimbangkan:
- poin-poin mana dalam komponen
Profil Pelajar Pancasila yang dapat dikembangkan melalui program/kegiatan
ini,
- aset dan kekuatan mana yang
telah dimiliki sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan
program/kegiatan ini,
- mana saja karakteristik
lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat
dibangun melalui program/kegiatan ini.
- bagaimana suara, pilihan, dan
kepemilikan murid akan diwujudkan melalui program/kegiatan ini.
Untuk lebih memandu
Bapak/Ibu CGP dalam melakukan tugas ini, silakan Bapak/Ibu menggunakan tautan
contoh format BAGJA berikut ini.
Tahapan BAGJA
Rncana tahapan BAGJA pdf
0 komentar:
Posting Komentar