Senin, 11 Juli 2022

3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Durasi : 2 JP (90 menit)
Moda: Mandiri



Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  • CGP dapat melakukan refleksi dari pengalamannya saat  dirinya terlibat  dalam program atau kegiatan sekolah mereka dahulu  
  • CGP mengungkapkan harapannya dari modul ini

Pertanyaan Pemantik

  1. Apa yang saya telah ketahui tentang program yang berdampak pada murid? 
  2. Bagaimana kaitan antara  program yang berdampak pada murid dengan student agency (kepemimpinan murid)?
  3. Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang program yang berdampak pada murid?

 

Bapak dan Ibu calon guru penggerak,

Selamat datang di sesi pembelajaran 1, Mulai Dari Diri.  Sebelum Bapak/Ibu memulai tahapan pembelajaran 1 ini, kami ingin menyampaikan terlebih dahulu bahwa di sepanjang tahapan pembelajaran dalam modul ini, Bapak/Ibu akan selalu diberikan pertanyaan pemantik di awal setiap tahapan pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan pemantik ini tidak perlu dijawab. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut lebih kepada memancing pemikiran dan rasa ingin tahu Bapak/Ibu terhadap materi yang akan dipelajari dan menjadi bagian upaya kami untuk mendorong Bapak/Ibu untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini.

Sekarang, mari kita mulai sesi pembelajaran 1 ini. 

Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. 

Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid. 

Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut.  Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Tanggapan ini bersifat urun pengalaman dari seluruh peserta, sehingga di sesi ini Anda tidak akan dinilai.


Silahkan klik tombol  yang ada dibawah ini untuk memulai kegiatan.

Mulai dari Diri

Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. 

Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid. 

Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut.  Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Question #1

1

Response is required

Response is required

Apa kegiatan/programnya?

 

Question #2

2

Response is required

Response is required

Berperan sebagai apa Bapak/Ibu saat itu?

 

Question #3

3

Response is required

Response is required

Bagaimana perasaan Bapak/Ibu saat itu?

 

Question #4

4

Response is required

Response is required

Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Bapak/Ibu?

 

Question #5

5

Response is required

Response is required

Apa pembelajaran yang bapak/ibu ambil dari kegiatan/ program tersebut?

 

Question #6

6

Response is required

Response is required

Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang?

 

Setelah melakukan refleksi dan kemudian membaca judul modul ini, apa yang tergambar di benak Bapak/Ibu? Apa yang Bapak/ibu harapkan dapat dipelajari pada modul ini?



Silahkan klik tombol  yang ada dibawah ini untuk mengirimkan semua jawaban Anda.

 

0 komentar:

Posting Komentar