3.3.a.3.
Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Durasi : 2 JP (90 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP dapat melakukan refleksi
dari pengalamannya saat dirinya terlibat dalam program atau
kegiatan sekolah mereka dahulu
- CGP mengungkapkan harapannya
dari modul ini
Pertanyaan Pemantik
- Apa yang saya telah ketahui
tentang program yang berdampak pada murid?
- Bagaimana kaitan antara
program yang berdampak pada murid dengan student agency (kepemimpinan
murid)?
- Apa yang ingin saya ketahui
lebih lanjut tentang program yang berdampak pada murid?
Bapak dan Ibu calon
guru penggerak,
Selamat datang di sesi
pembelajaran 1, Mulai Dari Diri. Sebelum Bapak/Ibu memulai tahapan
pembelajaran 1 ini, kami ingin menyampaikan terlebih dahulu bahwa di sepanjang
tahapan pembelajaran dalam modul ini, Bapak/Ibu akan selalu diberikan
pertanyaan pemantik di awal setiap tahapan pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan
pemantik ini tidak perlu dijawab. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan pemantik
tersebut lebih kepada memancing pemikiran dan rasa ingin tahu Bapak/Ibu
terhadap materi yang akan dipelajari dan menjadi bagian upaya kami untuk
mendorong Bapak/Ibu untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan
dalam modul ini.
Sekarang, mari kita
mulai sesi pembelajaran 1 ini.
Saat Bapak/Ibu
bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di
sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler,
kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.
Program/kegiatan intrakurikuler
merupakan merupakan
program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu
yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini
dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan
untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam
kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan
sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan
ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan
seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter
murid. Sedangkan
program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh
peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan
kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan
dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan,
kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.
Nah, sekarang kami
ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman
bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi
murid tersebut. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Tanggapan ini bersifat
urun pengalaman dari seluruh peserta, sehingga di sesi ini Anda tidak akan
dinilai.
Silahkan klik
tombol yang ada dibawah ini untuk memulai
kegiatan.
Mulai dari Diri
Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti
berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa
program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.
Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan
program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu
yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini
dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan
untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara
itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan
sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini
meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni
dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid.
Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang
dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan
kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan
diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat,
kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.
Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali
dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam
berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut. Refleksi
dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
Question #1
1
Response is required
Apa kegiatan/programnya?
Question #2
2
Response is required
Berperan sebagai apa Bapak/Ibu
saat itu?
Question #3
3
Response is required
Bagaimana perasaan Bapak/Ibu saat itu?
Question #4
4
Response is required
Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Bapak/Ibu?
Question #5
5
Response is required
Apa pembelajaran yang bapak/ibu ambil dari kegiatan/
program tersebut?
Question #6
6
Response is required
Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak
sekarang?
Setelah melakukan refleksi dan kemudian membaca judul
modul ini, apa yang tergambar di benak Bapak/Ibu? Apa yang Bapak/ibu harapkan
dapat dipelajari pada modul ini?
Silahkan klik tombol yang ada
dibawah ini untuk mengirimkan semua jawaban Anda.
0 komentar:
Posting Komentar