Minggu, 19 Desember 2021

1.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP dapat mengetahui  hubungan antara emosi, cara kerja otak dan pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang.
  2. CGP dapat mengetahui bagaimana nilai-nilai dapat bertumbuh lewat keteladanan dan pembiasaan perilaku yang konsisten di suatu lingkungan.
  3. CGP dapat menjelaskan pemahaman mengenai Profil Pelajar Pancasila 
  4. CGP dapat menjelaskan pemahaman mengenai Peran Guru Penggerak sebagai Pendorong Transformasi Pendidikan 
  5. CGP dapat menjelaskan pemahaman mengenai nilai-nilai yang perlu dimiliki oleh seorang Guru Penggerak.

Tugas B.1. Profil Pelajar Pancasila

Silahkan jawab pertanyaan berikut.

1. Dengan menggunakan bahasa Anda sendiri, jelaskan apa yang Anda pahami mengenai Profil Pelajar Pancasila !

Jawaban :

Profil Pelajar Pancasila menurut pemahaman saya adalah pelajar Indonesia sebagai pelajar yang berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Profil pelajar pancasila ada 6 (enam) yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif

 

 Tugas C.1 Peran Guru Penggerak

Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan yang Anda harus jawab terkait dengan Peran-peran dari seorang Guru Penggerak. Silakan jawab dengan sejujurnya.

  1. Berdasarkan pengalaman Anda, peran apa yang sejauh ini Anda sering lakukan ? Berikan contoh untuk memperjelas peran tersebut !
  2. Berdasarkan pengalaman Anda, peran apa yang sejauh ini Anda jarang lakukan, Jelaskan !
  3. Cerikan pengalaman yang paling Anda ingat terkait dengan Peran ini ! Anda dapat memilih salah satu saja untuk diceritakan.

Jawaban :

  1. Berdasarkan pengalaman peran yang saya lalukan di kelas adalah menjadi pemimpin pembelajaran dikelas, untuk peserta didik saya, supaya mereka bisa mengikuti dan merasa nyaman dan tertarik dengan pembelajaran yang saya lakukan. Sedangkan peran ketika disekolah yaitu, mencoba untuk membantu bapak/ibu guru yang kesulitan ketika ada informasi terbaru, contoh cara mengaktivasi akun belajar id, cara membuat email karena sekarang email sangat penting untuk pengisian data-data, cara menyimpan file ke dalam bentuk pdf, cara unggah file ke drive dan berbagi link, cara pengisian nilai di aplikasi E-rapor. Karena hal-hal tersebut sekarang sudah sangat booming dan sangat diperlukan ketika mengikuti diklat atau pelatihan.
  2. Berdasarkan pengalaman peran yang sejauh ini jarang saya lakukan adalah menjadi Coach bagi guru disekolah lain dan kelompok komunitas di luar lingkungan sekolah. Karena entah mengapa ketika saya mencoba berbicara didepan komunitas yang belum pernah bertemu, suara saya seperti tremor dan bergetar, entah itu karena bawaan atau karena kurang terbiasa melakukan hal tersebut, ini yang masih saya cari jawabannya,, bagaimana trik n tips supaya hal tersebut bisa berkurang di diri saya.
  3. Peran yang saya ingat yaitu ketika pertama kali sekolah kami mendapatkan SK untuk melakukan Kurikulum 2013, dimana dikurikulum tersebut rapornya bukan manual lagi dan terdiri dari 2 nilai yaitu ketrampilan dan pengetahuan, dan bukan hanya nilai tapi deskripsi juga harus dituliskan didalam rapor tersebut. Saya diberi amanat oleh Kepala Sekolah untuk mencari contoh Aplikasi rapor SMP. Saya kebingungan mau membuat rapor bagaimana, kemudian bertanya ke sekolah-sekolah lain, namun mereka juga masih bingung, namun ada juga yang sudah punya tapi karena kami belum menguasai, akhirnya kami cari literasi kembali. Dan kami bersyukur karena kemudian dari DITPSMP mereka akhirnya meluncurkan E-rapor untuk SMP, akhirnya terselesaikan masalah tentang rapor ini, karena rapor ini gratis dan terintegrasi juga dengan dapodik. Demikian pengalaman yang hari itu sangat membuat gelisah.
Tugas D.1 Mandiri


1.    Berdasarkan pemahaman Anda, apa saja kata kunci dari nilai Mandiri? Anda apat menemukan kata kunci berdasarkan bacaan ataupun kata-kata lainnya yang mempunyai makna sesuai dengan nilai tersebut.

2. Apa contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang Guru Penggerak terkait nilai mandiri ?

3. Silakan Anda ceritaka secara singkat pengalaman Anda yang terkait dengan nilai Mandiri ini ?


Jawaban :

1.     Berdasarkan pemahaman saya kata kunci dari nilai mandiri adalah mampu senantiasa mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya, mampu memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri

2.     Contoh perilaku yang bisa dilakukan oleh seorang guru penggerak terkait nilai mandiri yaitu berusaha mencari diklat/bimtek secara mandiri untuk pengembangan dirinya. Selain itu belajar untuk pengembangan diri melalui youtube, jika ada hal yang diras belum ditahu.

3.     Pengalaman saya terkait mandiri yaitu, ketika ada dishare digrup wa tentang sebuah pelatihan/diklat online, kemudian saya coba mendaftar, dan mengikuti alur yang ada, ternyata diklat tersebut sangat menarik dan menantang, karena materi yang diberikan adalah tentang teknologi dan pembelajaran yang terkini dan mendukung proses pembelajaran di era 4.0.




















0 komentar:

Posting Komentar