Pada Modul 1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu membuat kesimpulan dan refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
Untuk memudahkan Bapak/Ibu CGP dalam merajut pemahaman dari berbagai materi, ada penugasan yang perlu dilakukan. Penugasan tersebut adalah sintesis dari berbagai materi yang sudah dipelajari.Pada Modul kali ini, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh CGP.
- Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1.
- Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini ?
- Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD ?
Dasar-dasar Pemikiran
Ki Hadjar Dewantara
👉 Pendidik
diibaratkan sebagai seorang petani yang merawat tanaman bisa tumbuh dengan baik
👉 Menciptakan
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
👉 Mendidik anak sesuai kodrat ala dan kodrat zaman
Yang saya percaya
tentang siswa dan pembelajaran di kelas sebelum saya belajar modul 1.1 adalah :
📚
Siswa
Sebelum :
- Guru adalah satu-satunya pusat
informasi
- Siswa bagaikan selembar kertas
kosong dan guru bisa mewarnai sesuai kehendak guru
Sesudah :
- Pembelajaran berpusat pada
siswa
- Siswa adalah lembaran kertas
yang sudah ada tulisannya, namun masih buram
- Tugas guru adalah menebalkan
tulisan yang baik dan menghapus tulisan yang jelek
📚
Pembelajaran
Sebelum :
- Guru lebih mendominasi kelas
- Siswa harus belajar sesuai
target tuntutan kurikulum dengan memfokuskan pada hasil capaian dimana
nilai tertinggi menjadi patokan tercapainya pebelajaran
Sesudah :
- Pembelajaran lebih berpihak
kepada siswa
- Pembelajaran berorientasi
kepada proses
- Pembelajaran harus
menyenagkan dan menghamba/berpihak pada anak (sistem among) tanpa adanya
tekanan dan paksaaan
Yang merubah Dari Pemikiran Atau Perilaku Saya Setelah mempelajari Modul 1.1 yaitu :
- Mengenalkan profil pelajar pancasila
kepada siswa
- Dalam pembelajaran guru harus
berpihak kepada murid, karena masing-masing siswa mempunyai kemampuan
yang berbeda-beda.
- Guru harus bisa menjadi
teladan bagi muridnya
- Guru harus terus belajar dan
berinovasi untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan
- Guru harus melek teknologi
sesuai perkembangan zaman
- Pembelajaran adalah sebuah
proses bukan kompetisi
- Guru harus dapat membimbing
siswa sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman
Yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD adalah
- Merancang pembelajaran yang
yang berpusat kepada peserta didik
- Merancang pembelajaran yang
menyenangkan
- Memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengerjakan tugas dan memberikan pilihan penugasan sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki siswa.
0 komentar:
Posting Komentar