Rabu, 15 Desember 2021

Tugas Modul 1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Pada Modul 1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu membuat kesimpulan dan refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

 Untuk memudahkan Bapak/Ibu CGP dalam merajut pemahaman dari berbagai materi, ada penugasan yang perlu dilakukan. Penugasan tersebut adalah sintesis dari berbagai materi yang sudah dipelajari.Pada Modul kali ini, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh CGP.

  1. Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1.
  2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini ?
  3. Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD ?
Jawaban :

Dasar-dasar Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

👉 Pendidik diibaratkan sebagai seorang petani yang merawat tanaman bisa tumbuh dengan baik

👉 Menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik

👉 Mendidik anak sesuai kodrat ala dan kodrat zaman

Yang saya percaya tentang siswa dan pembelajaran di kelas sebelum saya belajar modul 1.1 adalah :

📚 Siswa

        Sebelum : 

    • Guru adalah satu-satunya pusat informasi
    • Siswa bagaikan selembar kertas kosong dan guru bisa mewarnai sesuai kehendak guru

        Sesudah :

    • Pembelajaran berpusat pada siswa
    • Siswa adalah lembaran kertas yang sudah ada tulisannya, namun masih buram
    • Tugas guru adalah menebalkan tulisan yang baik dan menghapus tulisan yang jelek

📚 Pembelajaran

   Sebelum :

      • Guru lebih mendominasi kelas
      • Siswa harus belajar sesuai target tuntutan kurikulum dengan memfokuskan pada hasil capaian dimana nilai tertinggi menjadi patokan tercapainya pebelajaran

   Sesudah :

      • Pembelajaran lebih berpihak kepada siswa
      • Pembelajaran berorientasi kepada proses
      • Pembelajaran harus menyenagkan dan menghamba/berpihak pada anak (sistem among) tanpa adanya tekanan dan paksaaan

Yang merubah Dari Pemikiran Atau Perilaku Saya Setelah mempelajari Modul 1.1 yaitu :

    • Mengenalkan profil pelajar pancasila kepada siswa
    • Dalam pembelajaran guru harus berpihak kepada murid, karena masing-masing siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.
    • Guru harus bisa menjadi teladan bagi muridnya
    • Guru harus terus belajar dan berinovasi untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan
    • Guru harus melek teknologi sesuai perkembangan zaman
    • Pembelajaran adalah sebuah proses bukan kompetisi
    • Guru harus dapat membimbing siswa sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman

Yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD adalah

    • Merancang pembelajaran yang yang berpusat kepada peserta didik
    • Merancang pembelajaran yang menyenangkan
    • Memberikan kebebasan kepada siswa dalam mengerjakan tugas dan memberikan pilihan penugasan sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki siswa.
Berikut adalah Koneksi Antar Materi dalam bentuk video :


0 komentar:

Posting Komentar