Selasa, 22 Februari 2022

2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

Koneksi Antar Materi dari Filosofi Ki Hajar Dewantara, Nilai dan Peran Guru Penggerak, Visi Guru Penggerak serta Budaya Positif dengan Pembelajaran Berdeferensiasi.


Tujuan Pembelajaran KhususCGP menunjukkan pengetahuan dan keterampilan yang meningkat dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.

Pengertian Pembelajaran Berdeferensiasi yaitu 

" Serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid dengan memperhatikan kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid."


Ada 3 strategi diferensiasi, antara lain :

1. Diferensiasi konten, terkait dengan materi ajar yang disampaikan kepada murid, media konret dan abstrak, memastikan murid dapat mengakses materi sesuai gaya belajarnya.

 2. Diferensiasi proses, terkait dengan pemahaman murid memaknai materi yang dipelajari, dengan cara: kegiatan berjenjang, pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individual, memvariasikan lama waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, menggunakan pengelompokkan yang fleksible.

 3. Diferensiasi produk, terkait dengan tagihan pembelajaran atau hasil karya pekerjaan murid, atau sesuatu yang ada wujudnya, seperti: tulisan/karangan/foto/video, dll.

Langkah-langkah penerapan diferensiasi

  1. Menentukan tujuan pembelajaran 
  2. Melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid 
  3. Menentukan strategi yang akan dilakukan dan alat penilaian (menggunakan diagram equalizer) Menentukan kegiatan pembelajaran: berupa konten, proses dan produk 
  4. Melakukan refleksi (meningkatkan hal yang menjadi kekurangan dan mempertahankan hal yang menjadi kelebihan, adanya faktor pendukung dan penghambat).
Mengapa perlu diterapkan pembelajaran berdiferensiasi?
Karena: 
1. Kemampuan siswa berbeda dan beragam dalam hal minat, kesiapan, serta profil belajar siswa. 
2. Agar pembelajaran berjalan dengan baik dan siswa menemukan kebahagiaan dan merdeka belajar guna tercipta profil pelajar Pancasila.

Bagaimana pembelajaran diferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal? 
Berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan belajar murid, guru dapat mengetahui dan memahami gaya belajar murid (auditori, visual maupun kinestetik). Solusinya guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran, untuk mengakomodir semua kebutuhan belajar murid.

Kaitan Antar materi modul 1 dan 2.1 Kaitan antar materi: 
Modul 1 menjelaskan tentang Filosofis Ki Hajar Dewantara bahwa pembelajaran harus memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman kodrat anak dipembelajaran berdiferensiasi juga pembelajaran berdasarkan kebutuhan anak, nilai dan peran guru penggerak, visi murid merdeka (BAGJA), serta penerapan budaya positif di sekolah. Hal ini erat kaitannya dengan modul 2.1 yang menjelaskan tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi, sehingga kebutuhan murid yang beragam dapat terpenuhi dengan baik dan tercapainya pembelajar sejati, dengan profil pelajar Pancasila dan terwujudnya cita-cita merdeka belajar. 





Demikian Koneksi Antar Materi yang saya buat, mohon masukan dan saran yang membangun, Terima KAsih. Salam Sehat dan Bahagia

0 komentar:

Posting Komentar