2.1.a.4.
Eksplorasi Konsep - Modul 2.1
Tujuan Pembelajaran
Khusus:
- CGP dapat
menunjukkan pemahaman tentang diferensiasi konten, proses, dan
produk.
- CGP dapat menyimpulkan apa yang
dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram
Frayer.
Sebuah Ilustrasi
Ibu Renjana adalah guru kelas 3 SD dengan jumlah murid sebanyak 32 murid. Di antara 32 murid di kelasnya tersebut, Bu Renjana memperhatikan bahwa 3 murid selalu selesai lebih dahulu saat diberikan tugas menyelesaikan soal-soal perkalian. Karena dia tidak ingin ketiga anak ini tidak ada pekerjaan dan malah mengganggu murid lainnya, akhirnya ia berinisiatif untuk menyiapkan lembar kerja tambahan untuk 3 anak tersebut. Jadi jika anak-anak lain mengerjakan 15 soal perkalian, maka untuk 3 anak tersebut, Bu Renjana menyiapkan 25 soal perkalian.
Berdasarkan ilustrasi kelas tersebut, jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1. Menurut Anda, apakah strategi yang dilakukan oleh Ibu Renjana tepat ?, Jika ya mengapa? Jika tidak, mengapa?
2. Jika Anda adalah Ibu Renjana, apakah yang akan Anda lakukan ? Jelaskan engapa Anda melakukan hal tersebut .
Jawaban :
1.
Menurut saya, strategi yang dilakukan Ibu Renjana
diawal tepat karena supaya tidak menggangu teman lainnya, namun jika dikaitkan
dengan pembelajaran diferensiasi yang dilakukan Ibu Renjana tidak tepat karena
jenis soal dan tingkat kesulitannya sama.
2.
Jika saya sebagai Ibu Renjana, maka saya akan
meminta kepada ketiga siswa tersebut untuk menjadi tutor sebaya, dan saya juga
akan mencoba melakukan identifikasi kebutuhan belajar siswa termasuk ketiga
murid tersebut.
Refleksi
1. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan pembelajaran Berdeferensiasi ?
2. Mengapa kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid
3.Sebagai guru apa yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid-murid kita ? Apa saja yang perlu dipertimbangkan ?
Jawaban :
1. Pembelajaran Berdeferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan sebuah proses pembelajaran (dengan membuat keputusan asuk akal) di dalam kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu pada setiap murid tersebut.
3.Yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid ada tiga yaitu : 1). Kesiapan belajar (readiness) murid 2). Minat urid dan 3) Profil belajar murid
0 komentar:
Posting Komentar