Sabtu, 12 Februari 2022

Jurnal Refleksi Minggu Ke 9

 Sabtu, 12 Februarin 2022

Fact (Peristiwa)

Diawal Modul 2 Kegiatan Guru penggerak, masih tetap menggunakan Alur MERRDEKA. Dan diawal modul biasanya ada Prestes. Soal Pretes pada LMS berjumlah 3 soal. Kemudian dilanjutkan dengan Pendahuluan yang berisi Video surat dari Instruktur, Mulai dari diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi dengan Fasilitator dan para CGP dari Kabupaten Jayawijaya dan Nabire. Dan ditutup kegiatan di Minggu ke 9 dengan pelaksanaan Lokakarya Ke 2 yang bertempat di SMA N 1 Wamena.

Feeling (perasaan yang dialami)

Perasaan yang saya alami di Minggu ke 9 sangat senang karena bisa bertemu dengan teman CGP dari Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Nabire, serta tentunya Ibu Tatik Dwi Wahyuni selaku Fasilitator, meskipun dilakukan dengan tatap maya, namun hal ini tidak menjadi masalah. Kami berada di Ruang kolaborasi dengan menggunakan Google Meet, meskipun keluar masuk ruangan meet, namun kami tetap bersemangat. Pada Ruang Meet selain

Finding (pembelajaran yang didapat)

Di dalam modul 2 ini banyak sekali materi yang baru dan menarik tentunya. Yaitu tentang Pembelajaran Berdeferensiasi, kebutuhan belajar murid yang terdiri adari 3 aspek yaitu

  1. Kesiapan belajar (readiness) murid
  2. Minat murid
  3. Profil belajar murid

Gaya belajar murid ada 3 yaitu : visual, auditori, kinestetik, cara-cara yang dapat dilakukan guru untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid. Serta bagaimana cara kita sebagai guru bisa memfasilitasi siswa dengan berbagai karakter dan sifat supaya pembelajaran bisa mencapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Dan didalam Lokakarya kami juga bertemu dengan Bapak Asrul dari P4TK bahasa yang memberikan motivasi dan support kepada kami, supaya tetap bersemangat dala mengikuti Pendidikan Guru Penggerak ini. Jaringan internet memang kurang stabil, namun hal itu bukan menjadi hambatan bagi kami, kami akan tetap berjuang dan berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

 

Future (penerapan kedepan)

Penerapan ke depan semoga setelah mempelajari modul ini, saya bisa membuat RPP Berdeferensiasi dan bisa menerapkannya dikelas saya, meskipun sedikit demi sedikit. Dan semoga murid juga nantinya bisa mendapatkan materi sesuai dengan yang mereka harapkan.


0 komentar:

Posting Komentar