Sabtu, 12 Februarin 2022
Fact (Peristiwa)
Diawal Modul 2 Kegiatan Guru
penggerak, masih tetap menggunakan Alur MERRDEKA. Dan diawal modul biasanya ada
Prestes. Soal Pretes pada LMS berjumlah 3 soal. Kemudian dilanjutkan dengan
Pendahuluan yang berisi Video surat dari Instruktur, Mulai dari diri,
Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi dengan Fasilitator dan para CGP dari
Kabupaten Jayawijaya dan Nabire. Dan ditutup kegiatan di Minggu ke 9 dengan
pelaksanaan Lokakarya Ke 2 yang bertempat di SMA N 1 Wamena.
Feeling (perasaan
yang dialami)
Perasaan yang saya alami di
Minggu ke 9 sangat senang karena bisa bertemu dengan teman CGP dari Kabupaten
Jayawijaya dan Kabupaten Nabire, serta tentunya Ibu Tatik Dwi Wahyuni selaku
Fasilitator, meskipun dilakukan dengan tatap maya, namun hal ini tidak menjadi
masalah. Kami berada di Ruang kolaborasi dengan menggunakan Google Meet,
meskipun keluar masuk ruangan meet, namun kami tetap bersemangat. Pada Ruang
Meet selain
Finding (pembelajaran
yang didapat)
Di
dalam modul 2 ini banyak sekali materi yang baru dan menarik tentunya. Yaitu tentang
Pembelajaran Berdeferensiasi, kebutuhan belajar murid yang terdiri adari 3 aspek yaitu
- Kesiapan belajar (readiness) murid
- Minat murid
- Profil belajar murid
Gaya belajar murid ada 3 yaitu : visual, auditori,
kinestetik, cara-cara yang dapat
dilakukan guru untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid. Serta
bagaimana cara kita sebagai guru bisa memfasilitasi siswa dengan berbagai
karakter dan sifat supaya pembelajaran bisa mencapai tujuan sesuai dengan yang
diharapkan. Dan didalam Lokakarya kami juga bertemu dengan Bapak Asrul dari
P4TK bahasa yang memberikan motivasi dan support kepada kami, supaya tetap
bersemangat dala mengikuti Pendidikan Guru Penggerak ini. Jaringan internet
memang kurang stabil, namun hal itu bukan menjadi hambatan bagi kami, kami akan
tetap berjuang dan berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai dengan
waktu yang telah ditetapkan.
Future (penerapan
kedepan)
Penerapan ke depan semoga setelah mempelajari modul ini,
saya bisa membuat RPP Berdeferensiasi dan bisa menerapkannya dikelas saya,
meskipun sedikit demi sedikit. Dan semoga murid juga nantinya bisa mendapatkan
materi sesuai dengan yang mereka harapkan.
0 komentar:
Posting Komentar