Sabtu, 12 Februari 2022

2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1

 

2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang diferensiasi konten, proses, dan produk.
  2. CGP dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer. 
Beberapa pertanyaan yang harus dijawab CGP adalah :
1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut ?
2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat ?
3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan  Mengapa?
4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut ?

Jawaban :

1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel bahwa 

Ada 3 strategi yang menjadi dasar dalam praktek diferensiasi yaitu kesiapan belajar, minat murid dan profil belajar murid. 

a. Diferensiasi konten, terkait dengan materi apa yang diajarkan pada murid, tanggapan pada tingkat kesiapan minat siswa dan profil belajar atau kombinasi antara kesiapan minat siswa dan profil belajar minat murid.

b. Diferensiasi proses, tentang bagaimana murid memahami/ memaknai infomasi atau materi yang dipelajari, proses apa yang perlu dipersiapkan.

c. Diferensiasi produk, terkait dengan tagihan yang diharapkan dari murid yang merupakan hasil karya murid yang harus ditunjukkan pada guru (ada wujudnya).

2. Gagasan baru yang saya dapat dari video dan artikel tersebut antara lain: Aspek pemetaan kebutuhan murid, Strategi penerapan pembelajaran berdifferensiasi, RPP  berdifferensiasi dan Langkah atau cara menerapkan differensiasi di kelas juga di sekolah, Menciptakan lingkungan belajar yang berdifferensiasi.

3. Menurut saya untuk memulai pembelajaran berdiferensiasi akan sangat sulit dilakukan, karena banyak siswa yang belum paham dengan materi dan masih terbatasnya gambaran saya terkait pembelajaran berdeferensiasi

4. Klarifikasi yang masih diperlukan yaitu contoh nyata penerapan dalam pembelajaran berdeferensiasi, pembuatan  RPP berdeferensiasi, ciri-ciri pembelajaran berdeferensiasi  dan cara penilaiannya



Diagram Frayer adalah pengatur grafis untuk membantu membangun pemahaman atas kosakata atau terminologi tertentu. Teknik ini menuntut seseorang untuk mendefinisikan kosakata atau terminologi yang menjadi target dan menerapkan pemahamannya dengan mengidentifikasi apa yang merupakan contoh dan bukan contoh, memberi ciri, dan/atau mendeskripsikan arti kata tersebut. Informasi ini ditempatkan pada bagan yang dibagi menjadi empat bagian untuk memberikan representasi visual.

Diagram ini dinamakan sebagai diagram Frayer karena dikembangkan pertama kali oleh Dorothy Frayer, seorang educational psychologist.





0 komentar:

Posting Komentar