2.1.a.4.1.
Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1
Tujuan Pembelajaran
Khusus:
- CGP dapat
menunjukkan pemahaman tentang diferensiasi konten, proses, dan
produk.
- CGP dapat menyimpulkan apa yang
dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram
Frayer.
1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel bahwa
Ada 3 strategi yang menjadi dasar dalam praktek diferensiasi yaitu kesiapan belajar, minat murid dan profil belajar murid.
a. Diferensiasi konten, terkait dengan materi apa yang diajarkan pada murid, tanggapan pada tingkat kesiapan minat siswa dan profil belajar atau kombinasi antara kesiapan minat siswa dan profil belajar minat murid.
b. Diferensiasi proses, tentang bagaimana murid memahami/ memaknai infomasi atau materi yang dipelajari, proses apa yang perlu dipersiapkan.
c. Diferensiasi produk, terkait dengan tagihan yang diharapkan dari murid yang merupakan hasil karya murid yang harus ditunjukkan pada guru (ada wujudnya).
2. Gagasan baru yang saya dapat dari video dan artikel tersebut antara lain: Aspek pemetaan kebutuhan murid, Strategi penerapan pembelajaran berdifferensiasi, RPP berdifferensiasi dan Langkah atau cara menerapkan differensiasi di kelas juga di sekolah, Menciptakan lingkungan belajar yang berdifferensiasi.
3. Menurut saya untuk memulai pembelajaran berdiferensiasi akan sangat sulit dilakukan, karena banyak siswa yang belum paham dengan materi dan masih terbatasnya gambaran saya terkait pembelajaran berdeferensiasi
4. Klarifikasi yang masih diperlukan yaitu contoh nyata penerapan dalam pembelajaran berdeferensiasi, pembuatan RPP berdeferensiasi, ciri-ciri pembelajaran berdeferensiasi dan cara penilaiannya
Diagram
Frayer adalah pengatur grafis untuk membantu membangun pemahaman atas kosakata
atau terminologi tertentu. Teknik ini menuntut seseorang untuk mendefinisikan
kosakata atau terminologi yang menjadi target dan menerapkan pemahamannya
dengan mengidentifikasi apa yang merupakan contoh dan bukan contoh, memberi
ciri, dan/atau mendeskripsikan arti kata tersebut. Informasi ini ditempatkan
pada bagan yang dibagi menjadi empat bagian untuk memberikan representasi
visual.
Diagram ini dinamakan sebagai diagram Frayer karena
dikembangkan pertama kali oleh Dorothy Frayer, seorang educational
psychologist.
0 komentar:
Posting Komentar