Selasa, 22 Maret 2022

2.3.a.3. Mulai dari Diri

 

2.3.a.3. Mulai dari Diri - Seberapa Jauh Saya Memahami Konsep Coaching di sekolah?

Durasi : 1 JP (45 menit)
Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus:  Peserta mampu mengidentifikasi pengetahuan dan pengalaman yang menggambarkan peran mereka sebagai pendidik dalam berbagai situasi dan mengidentifikasi keterampilan berkomunikasi coaching di dunia pendidikan.


Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak.

Sebagai seorang guru tentunya Anda sering menjumpai banyak kasus atau tantangan yang terkait dengan potensi para murid. Kasus dan tantangan tersebut seringkali menjadi penghambat kemajuan murid dalam mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan seutuhnya di sekolah. Oleh karena itu, respon cepat dari Anda sebagai pendidik sangat diperlukan.  

Mari kita mulai modul coaching ini dengan mengirimkan tanggapan dari kasus-kasus atau situasi yang mungkin terjadi di sekolah yang akan disampaikan pada forum diskusi ini. Tanggapan Anda tidak akan dinilai, melainkan digunakan sebagai pijakan para fasilitator untuk mengembangkan modul coaching ini agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mulai Dari Diri

Mari kita mulai modul coaching ini dengan mengirimkan tanggapan dari kasus-kasus yang mungkin terjadi di sekolah yang akan disampaikan pada kegiatan ini. Tanggapan Anda tidak akan dinilai, melainkan digunakan sebagai pijakan para fasilitator untuk mengembangkan modul coaching ini agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah dua kasus yang perlu Anda tanggapi:


Question #1

1

Response is required
Response is required
Lama mengajar kurang lebih 13 tahun
Question #2

2

Response is required
Response is required

Saya terlebih dahulu akan bertanya kepada siswa tersebut, apakah dia mempunyai masalah sehingga terjadi penurunan motivasi belajar, kemudian bersama-sama dengan siswa tersebut mencari jalan keluar yang terbaik, supaya dia tidak mengalami penurunan motivasi belajar. 

Question #3

3

Response is required
Response is required

Saya akan mendorong dan memberikan motivasi kepada siswa tersebut supaya mengambil peran yang diberikan kepadanya yaitu sebagai Ketua Panitia acara pertandingan. Dan memberikan penjelasan bahwa teman-temannya memilih siswa tersebut karena siswa tersebut mempunyai kelebihan dan kemampuan dalam memimpin dimata siswa lain.

Question #4

4

Response is required
Response is required

Harapan saya setelah mempelajari modul 2.3. ini ada peningkatan dalam diri saya tentang cara berkomunikasi dengan siswa, teman sejawat, kepala sekolah dan lingkungan sekitar. Saya bisa menjadi contoh kecil perubahan positif di kelas dan disekolah.

Question #5

5

Response is required
Response is required

Ingin mempunyai siswa yang berperilaku positif dan bisa berkomunikasi dengan lebih baik dan menggunakan tata bahasa yang benar

Question #6

6

Response is required
Response is required
Yang saya harapkan dalam modul ini, supaya saya bisa berbagi praktik baik, contoh penerapan coaching yang bisa diterapkan dikelas dan disekolah, sehingga murid akan senang apabila mengikuti pelajaran yang saya ajarkan 

0 komentar:

Posting Komentar