Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mengaitkan peranan aspek sosial dan emosional dalam keseharian sebagai guru
Refleksi Kompetensi Sosial dan Emosional1. Sebagai pendidik, Anda tentu pernah berada dalam suatu peristiwa yang membuat Anda merasakan emosi-emosi positif, misalnya optimis, senang, cinta, bahagia, atau takjub, dan sebagainya. Refleksikan:
- Apa kejadiannya? (Kapan, di mana, siapa yang terlibat, bagaimana kejadiannya, apa yang membuat Anda memilih merefleksikan peristiwa tersebut?)
- Apa peran Anda saat itu? Apa yang Anda lakukan untuk merespon dan mengelola emosi tersebut?
- Bagaimana peristiwa tersebut berdampak pada diri Anda sebagai pendidik?
a. Sewaktu Covid 19 ini tahun 2019, sebagai guru kita dituntut untuk tetap mengikuti Diklat/pelatihan pengembangan guru, dan saya mencoba mengikuti diklat yang dilakukan secara daring yaitu PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) yang diselenggarakan oleh PUSDATIN. Saya memilih mengikuti Diklat ini karena saya ingin mengasah kemampuan saya di Bidang Teknologi. Ada banyak hal menarik di Diklat ini, dan bertambah teman guru hebat yang ada di Nusantara, sehingga kita bisa berbagi dan berkolaborasi.
b. Peran saya yaitu sebagai peserta PembaTIk dari Level 1-Level 4
c. Peran tersebut sangat berdampak kepada saya, karena ketika mengikuti PembaTIK, saya mendapatkan ilmu dan hal baru yaitu tentang Vicon baik itu Zoom, Cisco Webec dan Google Meet, serta mendapatkan ilmu baru tentang cara uplod diyoutube dan editing video. Serta bisa berkolaborasi dan berbagi tentang hal baru dengan guru-guru hebat yang ada di Indonesis, sehingga meskipun posisi saya ada didaerah pengunungan tetap mendapatkan informasi, dari teman-teman guru yang lain.
2. Saat menjadi pendidik, Anda tentu juga pernah berada dalam suatu peristiwa yang memicu emosi-emosi negatif misalnya marah, sedih, kecewa, menyesal, khawatir, dan sebagainya. Refleksikan:
- Apa kejadiannya? (Kapan, di mana, siapa yang terlibat, bagaimana kejadiannya, apa yang membuat Anda memilih merefleksikan peristiwa tersebut?)
- Apa peran Anda saat itu? Apa yang Anda lakukan untuk merespon dan mengelola emosi tersebut?
- Bagaimana peristiwa tersebut berdampak pada diri Anda sebagai pendidik?
a. Kejadiannya ketika masa Covid 19 ini, sebagai guru kita dituntut untuk tetap melakukan pembelajaran, namun karena situasi maka hanya bisa dilakukan secara tatap muka walaupun terbatas, karena sebagian besar siswa tidak mempunyai Hp android. Saya merefleksikan hal ini karena ketika pembelajaran selama covid ini, guru tidak mengenal karakter murid, dan murid juga kehilangan dalam semangat belajarnya.
b. Peran saya sebagai guru yang harus tetap memberikan pembelajaran kepada peserta didik
c. Persitiwa ini sangat berdampak pada diri saya, karena saya merasa masih belum maksimal dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik, sehingga banyak siswa yang kurang paham dan mendapatkan nilai yang kurang atau dibawah KKM ketika diberikan soal/tugas.
3. Di bawah ini ada beragam kegiatan belajar dan mengajar di kelas maupun lingkup sekolah. Berilah tanda cek (✓) pada kegiatan yang sudah pernah Anda lakukan dan jawablah pertanyaan di bawahnya.
Memulai kegiatan setiap hari dengan kesadaran akan tujuan yang jelas.
Mendengarkan penjelasan murid yang dilaporkan terlibat dalam perilaku indisipliner dengan sikap empati dan hormat.
Memfasilitasi murid untuk duduk berdialog dalam menyelesaikan konflik.
Melibatkan murid dalam membuat kesepakatan kelas agar kelas aman dan nyaman.
Mengadakan dialog interaktif tentang bagaimana membangun tanggung jawab/etika dalam penggunaan internet.
a. Memulai kegiatan setiap hari dengan kesadaran akan tujuan yang jelas.
Motivasinya ketika kita memulai kegiatan dengan penuh kesadaran dan keyakinan pasti akan mendapatkan tujuan yang jelas dan tidak melebar ke arah yang tidak pasti/tidak jelas
b. Melibatkan murid dalam membuat kesepakatan kelas agar kelas aman dan nyaman
Motivasinya supaya siswa menuliskan apa yang dia inginkan sehingga akan muncul dalam dirinya apa yang harus dia perbuat sesuai dengan keyakinannya dan siswa juga akan tahu apa konsekuensi apabila dia melanggar hal tersebut.
c. Mendengarkan penjelasan murid yang dilaporkan terlibat dalam perilaku indisipliner dengan sikap empati dan hormat.
Motivasinya yaitu kita akan memahami dari sisi siswa tersebut kenapa dia sampai berperilaku indisipliner dan apa alasannya dia melakukan hal tersebut, karena sesuai kebutuhan dasar manusia adan 5 yang harus dipenuhi. Jadi kita bisa menganalisa kira-kira kenapa siswa tersebut bisa berperilaku demikian
5. Berdasarkan jawaban yang Anda berikan tadi,
Sejauh inii saya belum melakukannya secara konsisten, karena banyak tantangan dan hambatan, diantaranya karena di masa pandemi kegiatan disekolah juga terbatas, jadi saya belum bisa melaksanakannya secara maksimal dan saya juga belum mengenal tentang karakter dan sifat dari siswa tersebut, disebabkan kegiatan pembelajaran yang masih terbatas.
Harapan Dan Ekspetasi
Harapan dan Ekspetasi bagi diri sendiri yaitu semoga setelah mempelajari modul tentan pembelajaran sosial dan emosional ini saya bisa mengimplementasikannya baik itu dalam pekerjaan maupun di dalam kehidupan bermasyarakat.Serta bisa berbagi dengan sesama rekan sejawat.
7. Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, apakah Bapak/Ibu sudah mendapatkan gambaran tentang apa yang akan dipelajari dalam modul pembelajaran sosial dan emosional ini? Apa hal yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Sudah ada gambaran tetapi belum terlalu jelas. Yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu bagaimana cara mengelola, mengimplementasikan pembelajaran sosial dan emosional bagi diri saya, peserta didik dan lingkungan.
Harapan dan Ekspetasi bagi diri sendiri yaitu semoga setelah mempelajari modul tentan pembelajaran sosial dan emosional ini saya bisa mengimplementasikannya dalam menyelesaikan kasus yang terjadi di lingkungan sekolah terutamanya peserta didik.
0 komentar:
Posting Komentar