Jurnal Refleksi Minggu Ke 10
Fact (Peristiwa)
Pada Minggu ke 10 Pendidikan Guru
Penggerak ini, kami masih melanjutkan Modul 2.1. Dan diawali di Hari Senin
yaitu Ruang Kolaborasi Presentasi Kerja Kelompok tentang RPP Berdeferensiasi.
Presentasi di mulai Pukul 10.30 WIT. CGP Kelompok Jayawijaya mendapatkan
kesempata pertama untuk melakukan presentasi. Kemudian CGP dari Kabupaten
Nabire memberi tanggapan dan masukan terhadap hasil presentasi RPP
Berdeferensiasi Kelompok 1 CGP Kabupaten Jayawijaya. Hasil RPP kelompok
perbaikan paling lambat diunggah Hari Senin tanggal 13 Februari 2022, kemudian
dilanjutkan dengan Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual serta Unggah
RPP yang telah dibuat secara mandiri.
Feeling (perasaan
yang dialami)
Perasaan yang saya alami sangat
senang, karena mendapatkan ilmu dan masukan dari sesama teman CGP, dan
Fasilitator. Serta mendapatkan ilmu tentang bagaimana membuat RPP
Berdeferensiasi yang bisa memfasiltasi kesiapatan belajar murid, minat dan
profil belajar.
Finding (pembelajaran
yang didapat)
Pembelajaran yang penulis dapatkan dalam minggu ke 10 ini yaitu tentang
bagaimana cara pembuatan RPP Berdeferensiasi. Hal-hal yang harus diperhatikan
yaitu kesiapan awal apa yang harus kita
siapkan, The Equalizer yang meliputi bersifar mendasar-bersifat transformatif,
konkret-abstrak, sederhana-kompleks, terstruktur-terbuka, tergantung-mandiri,
lambat-cepat. Kemudian Langkah-langkah merancang Pembelajaran Berdeferensiasi
yaitu menetapkan tujuan pembelajaran, memetakan kebutuhan belajar murid, menentukan
strategi dan alat penilaian yang akan digunakan, menentukan kegiatan
pembelajaran. Di dalam menentukan tujuan pembelajaran kita harus memahami
kompetensi dasar atau standar yang akan dicapai, tujuan pembelajaran (Audiens,
Behavior, Conditions, Degree), Petakan kebutuhan belajar muridm baik itu
Diferensiasi Konten, Proses dan produk.
Dimana Diferensiasi konten berkaitan dengan materi, Diferensiasi Proses
yaitu bagaimana cara siswa mengolah ide dan informasi untuk mncapat tujuan
pembelajaran. Diferensiasi produk yaitu bagaimana cara siswa menunjukkan apa
yang telah dipelajari untuk mencapat tujuan pembelajaran.
Future (penerapan
kedepan)
Penerapan ke depan semoga setelah mempelajari, mencoba
membuat RPP Berdeferensisasi, penulis bisa menerapkan RPP Berdeferensiasi dalam
pembelajaran di mata pelajaran yang diampu. Sehingga kebutuhan siswa bisa
terakomodir semua dan tujuan pembelajaran bisa tercapai. Demikian Refleksi
Minggu ke 10, Salam sehat dan bahagia.
0 komentar:
Posting Komentar