Kamis, 03 Maret 2022

Jurnal Refleksi Minggu ke 10

 

Jurnal Refleksi Minggu Ke 10

Fact (Peristiwa)

Pada Minggu ke 10 Pendidikan Guru Penggerak ini, kami masih melanjutkan Modul 2.1. Dan diawali di Hari Senin yaitu Ruang Kolaborasi Presentasi Kerja Kelompok tentang RPP Berdeferensiasi. Presentasi di mulai Pukul 10.30 WIT. CGP Kelompok Jayawijaya mendapatkan kesempata pertama untuk melakukan presentasi. Kemudian CGP dari Kabupaten Nabire memberi tanggapan dan masukan terhadap hasil presentasi RPP Berdeferensiasi Kelompok 1 CGP Kabupaten Jayawijaya. Hasil RPP kelompok perbaikan paling lambat diunggah Hari Senin tanggal 13 Februari 2022, kemudian dilanjutkan dengan Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual serta Unggah RPP yang telah dibuat secara mandiri.

Feeling (perasaan yang dialami)

Perasaan yang saya alami sangat senang, karena mendapatkan ilmu dan masukan dari sesama teman CGP, dan Fasilitator. Serta mendapatkan ilmu tentang bagaimana membuat RPP Berdeferensiasi yang bisa memfasiltasi kesiapatan belajar murid, minat dan profil belajar.   

Finding (pembelajaran yang didapat)

Pembelajaran yang penulis dapatkan dalam minggu ke 10 ini yaitu tentang bagaimana cara pembuatan RPP Berdeferensiasi. Hal-hal yang harus diperhatikan yaitu  kesiapan awal apa yang harus kita siapkan, The Equalizer yang meliputi bersifar mendasar-bersifat transformatif, konkret-abstrak, sederhana-kompleks, terstruktur-terbuka, tergantung-mandiri, lambat-cepat. Kemudian Langkah-langkah merancang Pembelajaran Berdeferensiasi yaitu menetapkan tujuan pembelajaran, memetakan kebutuhan belajar murid, menentukan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan, menentukan kegiatan pembelajaran. Di dalam menentukan tujuan pembelajaran kita harus memahami kompetensi dasar atau standar yang akan dicapai, tujuan pembelajaran (Audiens, Behavior, Conditions, Degree), Petakan kebutuhan belajar muridm baik itu Diferensiasi Konten, Proses dan produk.

Dimana Diferensiasi konten berkaitan dengan materi, Diferensiasi Proses yaitu bagaimana cara siswa mengolah ide dan informasi untuk mncapat tujuan pembelajaran. Diferensiasi produk yaitu bagaimana cara siswa menunjukkan apa yang telah dipelajari untuk mencapat tujuan pembelajaran.

 

Future (penerapan kedepan)

Penerapan ke depan semoga setelah mempelajari, mencoba membuat RPP Berdeferensisasi, penulis bisa menerapkan RPP Berdeferensiasi dalam pembelajaran di mata pelajaran yang diampu. Sehingga kebutuhan siswa bisa terakomodir semua dan tujuan pembelajaran bisa tercapai. Demikian Refleksi Minggu ke 10, Salam sehat dan bahagia.

0 komentar:

Posting Komentar