Senin, 21 Maret 2022

Jurnal Refleksi Minggu Ke 12

 

Jurnal Refleksi Minggu Ke 12

Fact (Peristiwa)

Pada Minggu ke 12 Pendidikan Guru Penggerak ini, sudah memasuki Modul 2.2 tentang Pembelajaran Sosial Emosional. Pada Hari Senin diawali dengan Pendahuluan, kemudian Mulai dari Diri dan Eksplorasi konsep.

Feeling (perasaan yang dialami)

Perasaan yang saya alami sangat senang, karena mendapatkan ilmu dan materi baru tentang pembelajaran Sosial Emosional ini. Dan pembelajarab ini sangatalah penting bagi kami seorang pendidik supaya bisa diterapkan ketika berada di lingkungan kelas, sekolah, keluarga dan masyarafakat

Finding (pembelajaran yang didapat)

Pembelajaran yang penulis dapatkan dalam minggu ke 12 ini yaitu bagaimana ketika seorang guru menghadapi berbagai macam tugas yang menumpuk, sehingga merasa kewalahaan maka di Modul 2.2. semua ada jawabannnya. Adapun materi yang ada modul ini yaitu tentang pengertian Pembelajaran Sosial Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak atau orang dewasa disekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial emosional. Pembelajaran Sosial dan Emosional memiliki beberapa tujuan, diataranya:

1.        Memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri

2.        Menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri)

3.        Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial)

4.        Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi

5.        Membuat keputusan yang bertanggung jawab (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

 

 

Future (penerapan kedepan)

Penerapan ke depan semoga setelah mempelajari, mengerjakan tugas di Modul 2.2 tentang Eksplorasi Konsep, semakin menambah wawasan, sehingga saya akan mencoba menerapkan pembelajaran sosial emosional dikelas yang saya ampu. Demikian Jurnal Refleksi Minggu ke 12. Salam sehat dan bahagia.

0 komentar:

Posting Komentar