2.2.a.5. Ruang Kolaborasi - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Hanya sedikit pekerjaan yang bisa dilakukan sendirian. Namun bersama-sama kita bisa kerjakan banyak hal
(Hellen Keller)
Durasi: 2 JP
Moda: Diskusi Daring Sinkron
Tujuan Pembelajaran Khusus: Menguraikan bentuk penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing.
Bapak/Ibu CGP, Anda sudah mempelajari 5 kompetensi sosial emosional (KSE) dan 4 cara penerapan pembelajaran sosial dan emosional. Sekarang saatnya bagi Anda untuk merefleksikan kembali penerapan pembelajaran sosial emosional bagi murid-murid Anda yang sudah Anda lakukan di kelas maupun sekolah Anda. Sebelum ini, Anda mungkin tidak menyadari bahwa apa yang Anda terapkan adalah praktik pembelajaran sosial dan emosional. Dengan mempelajari 5 kompetensi sosial emosional pada modul ini, kami berharap Anda dapat memperkuat dan melaksanakan pembelajaran sosial emosional secara lebih bermakna, bermanfaat, dan menyeluruh.
Pertanyaan pemantik untuk pembelajaran ruang kolaborasi:
- Apakah kekuatan Anda dalam bekerja sama dengan orang lain?
- Bagaimana Anda mengelola kekuatan tersebut untuk dapat bersinergi dengan CGP lain?
- Apakah praktik pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional yang telah Anda lakukan selama ini?
Setelah Anda mempelajari 5 Kompetensi Sosial-Emosional (KSE), sekarang saatnya Anda berkolaborasi untuk menguraikan implementasi/penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional untuk murid sesuai dengan kelompok jenjang pendidikan masing-masing yang sudah pernah Anda terapkan (Kelompok A = Paud – Kelas 2; B = Kelas 3 – 6; C = SMP, D = SMA).
Jika sebelumnya Anda bekerja sendiri, kali ini Anda akan melakukan aktivitas berkelompok bersama guru-guru dari kelompok jenjang pendidikan yang sama. Ini saatnya Anda memperdalam pemahaman Anda melalui aktivitas yang memungkinkan Anda saling melempar ide, mendengarkan ide rekan CGP lain, bertanya, mengklarifikasi pemahaman ataupun miskonsepsi yang mungkin masih Anda miliki. Selanjutnya Anda akan mempresentasikan hasil kolaborasi dalam kelompok tersebut dalam kelompok besar untuk saling belajar, berbagi, dan menguatkan.
Tugas 3.1:
- Setiap anggota merefleksikan 1 bentuk pembelajaran sosial dan emosional yang sudah diterapkan di kelas atau sekolah selama ini. Upayakan jawaban yang bervariasi dari tiap anggota kelompok.
- Uraikan: cara implementasi, bentuk PSE, KSE yang dikembangkan, apa yang dilakukan dan dikatakan guru (instruksi yang disesuaikan dengan karakteristik murid pada jenjang pendidikan tersebut). Tuangkan hasil refleksi pada tabel 3.1.
Tugas 3.2:
- Berdasarkan analisis 5 KSE yang sudah dipelajari, manakah KSE yang belum tercakup atau paling jarang diterapkan selama ini? Diskusikan dengan kelompok Anda tentang contoh penerapan pembelajaran yang dapat mengembangkan KSE tersebut yang disesuaikan dengan karakteristik jenjang murid kelompok Anda
- Susunlah 5 ide baru penerapan 5 KSE sesuai dengan karakteristik jenjang pendidikan yang Anda ampu dalam tabel 3.2. Anda dapat memodifikasi ide-ide kegiatan yang ada dalam isi dan lampiran modul maupun sumber lainnya sebagai referensi.
0 komentar:
Posting Komentar