Rabu, 05 Januari 2022

1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak

 

1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan bagaimana sekolah yang berpihak pada murid di masa depan.

Pada masa kecil, kita pernah ditanya mengenai cita-cita. Pertanyaan yang sering diajukan adalah, “Mau jadi apa jika sudah besar?”. Pada masa itu, sebagian besar dari kita dapat menjawab dengan percaya diri. Kita menjawab dengan bersemangat tentang profesi yang ingin kita geluti di masa depan. Padahal, kita belum tahu apakah hal itu dapat dicapai atau tidak. Seperti itulah visi. Visi itu bagaikan membayangkan sebuah lukisan lengkap pada kanvas yang masih kosong. Visi juga dapat diibaratkan sebagai bintang penunjuk arah yang memandu penjelajah untuk mencapai tujuannya. Visi adalah sesuatu yang belum terjadi saat ini, namun kita yakini akan terwujud di masa depan.

Saat ini kita akan mencoba membayangkan tanggung jawab kita sebagai seorang guru, terlebih dengan peran sebagai guru penggerak. Kita memiliki peran untuk dapat mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan sekolah. Peran ini memunculkan harapan bahwa ada hal besar yang kita harap dapat kita capai di masa depan nanti. Hal besar yang kita harapkan di masa depan inilah yang kita sebut sebagai visi. Untuk membantu Bapak/Ibu memahaminya, ada beberapa pertanyaan yang perlu kita ajukan pada diri sendiri mengenai visi ini. 
1. Apa arti penting visi bagi Anda sebagai seorang guru?
2. Visi seperti apa yang Anda miliki sebagai guru?

Pada Tugas kali ada 3 tugas yang harus dibuat yaitu :

1. Karya 1. Imajiku tentang Murid di masa depan



2. Karya 2 Merangkai mimpi lewat kata-kata

3. Karya 3 Mengartikulasi visi kita tentang muird dan sekolah yang kita impikan dalam satu kalimat.

Berikut adalah tugas yang saya buat :


0 komentar:

Posting Komentar