1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif
Eksplorasi Konsep
Bapak/Ibu CGP, Eksplorasi konsep untuk Budaya positif terdiri dari beberapa bagian yaitu.
2.1. Perubahan Paradigma -Stimulus Respon lawan Teori Kontrol
CGP dapat memahami miskonsepsi tentang kontrol dan selanjutnya mengadakan perubahan paradigma stimulus-respon menjadi teori kontrol. CGP juga melakukan refleksi atas penerapan praktik disiplin yang dijalankan di sekolahnya.
2.2. Arti Disiplin dan 3 Motivasi Perilaku Manusia
CGP dapat memahami konsep disiplin positif dihubungkan dengan teori motivasi perilaku manusia, serta konsep motivasi internal dan eksternal.
2.3. Keyakinan Kelas, Hukuman dan Penghargaan
CGP dapat memahami pentingnya memiliki keyakinan kelas sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas, yang pada akhirnya akan menciptakan budaya positif.
2.4. Lima (5) Kebutuhan Dasar Manusia
CGP memahami bahwa setiap tindakan murid dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka yang berbeda-beda dan agar menjadi individu yang selamat dan bahagia, kebutuhan dasar harus terpenuhi secara positif. CGP memahami bahwa kebutuhan dasar dapat dipenuhi dengan cara positif atau negatif oleh karena itu peran guru adalah memberdayakan anak agar dapat memenuhi kebutuhannya secara positif.
2.5 Lima (5) Posisi Kontrol
CGP dapat melakukan refleksi atas praktik disiplin yang dijalankan selama ini dan dampaknya untuk murid-muridnya. CGP dapat mengetahui dan menerapkan disiplin restitusi di posisi Monitor dan Manajer agar dapat menciptakan lingkungan positif, aman, dan nyaman dan dapat menghasilkan murid-murid yang lebih mandiri, merdeka, dan bertanggung jawab.
2.6 - Segitiga Restitusi
CGP memahami dan menerapkan restitusi melalui tahapan dalam segitiga restitusi sebagai salah satu cara menanamkan disiplin positif pada murid sebagai bagian dari budaya positif di sekolah agar menjadi murid merdeka.
Perubahan Paradigma
Tugas 2.1
Saat ini Anda bayangkan memandang cermin, memandang diri Anda sebagai seorang pendidik, dan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan renungan tersebut di bawah ini setelah membaca tentang perubahan paradigma:
1. Setelah membaca tentang ilusi kontrol dan perubahan paradigma stimulus respon ke teori kontrol, adalah bagian yang masih mengganjal atau belum Anda pahami ?
2. Apakah Anda meyakini bahwa tepat untuk meminta murid menyesuaikan diri dengan keinginan Anda dan bahwasannya adalah tanggung jawab Anda untuk memaksa murid demi suatu kebaikan, adakah cara lain ?
Jawaban
1. Yang belum saya pahami yaitu tentang cara menerapkan teori Kontrol dari Dr. William Glasser. 2. Ada hal yang terkadang perlu dipaksakan kepada murid, apabila guru pernah mendapatkan pengalaman yang sama sebagai salah satu pilihan atau alternatif, dan tentunya harus didiskusikan juga dengan murid secara empat mata untuk kebaikan mereka di masa yang akan datang.
Arti Disiplin
Tugas 2.2 (1)
Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara kita sebagai guru untuk menanamkan disiplin positif yang positif ini kepada murid-murid kita?
Sekarang mari kita pikirkan tentang diri Anda sendiri. Anda sekarang mengikuti progra Pendidikan Guru Penggerak, mengapa Anda mengikuti program ini ?
Saya mengikuti Pendidikan Guru Penggerak karena ingin menambah wawasan saya terkait Guru Penggerak, dan ilmu baru tentunya, dan ketika saya sampai tidak bisa mengikuti Pendidikan Guru Penggerak saya akan merasa sangat rugi, karena saya nantinya tidak bisa menambah ilmu baru.Ketika mengikuti guru penggerak saya tidak mengharapkan hadiah atau penghargaan dari siapapun. Karena saya adalah seorang guru dimana seorang guru adalah pembelajar sepanjang hayat, karena guru adalah sebagai garda terdepan pendidikan dan yang akan membimbing calon pemimpin bangsa ini. Dan dengan mengikuti Pendidikan Guru Penggerak banyak ilmu yang saya dapatkan terutama bagaimana menjadi seorang guru di masa kini, bagaimana memahami karakteristik anak, bagaimana cara membuat pembelajaran di kelas dan disekolah menjadi aman dan nyaman sehingga peserta didik dapat menerima ilmu yang diajarkan dengan baik, untuk perjalanan hidupnya kelak.
Tugas 2.2 (3)
Tugas 2.2 (4)
Menurut Anda, dari ketiga jenis motivasi tadi, motivasi manakah yang saat ini paling banyak mendasari perilaku murid-murid Anda di sekolah ? Jelaskan !
Tugas 2.2 (5)
Tugas 2.2 (6)
2.3 Keyakinan Kelas
Tugas 2.3
2.4 Pemenuhan Kebutuhan Dasar
Tugas 2.4 (Tugas Mandiri 4)
Dalam lingkaran di bawah ini, buatlah gambar atau kata-kata yang menggambarkan hal-hal yang Anda miliki dalam Dunia Berkualitas Anda saat ini.
Untuk membantu Anda, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
|
---|
2.5 Lima (5) Posisi Kontrol
2.6 Segitiga Restitusi
Tugas Mandiri - Segitiga Restitusi
Bacalah skrip di bawah ini dan jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawahnya:
Mario dan Adi merupakan murid kelas 8 di SMP Tunas. Pada jam istirahat makan siang, saat semua anak lain bermain di luar kelas, mereka diajak bicara oleh guru wali kelas mereka, Bapak Joko, di ruang kelas.
Tugas Anda
- Dari 5 posisi kontrol, posisi mana yang dipraktikkan oleh guru? Jelaskan.
- Kebutuhan apa yang berusaha dipenuhi oleh Mario dan Adi?
- Apa yang dikatakan guru dalam tahap Menstabilkan Identitas, Validasi Tindakan, dan Mencari Keyakinan?
- Kira-kira sesuai prinsip restitusi, apa yang akan dilakukan Mario dan Adi untuk memperbaiki kesalahan mereka pada Ibu Dina?
- Posisi Manager, karena pada kasus ini guru mempersilakan murid mempertanggungjawabkan perilakunya, mendukung murid agar dapat menemukan solusi atas permasalahannya sendiri.
- Kebutuhan yang berusaha dipenuhi oleh Mario dan Adi adalah Kebutuhan kesenangan.
- Yang dikatakan guru dalam tahap menstabilkan identitas yaitu : Bapak disini bukan untuk mencari siapa yang salah, Bapak disini untuk mencari penyelesaian sama-sama, berpikir sama-sama tentang apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki situasi ini. Validasi Tindakan Yaitu : Kalian pasti melakukan itu ada alasannya ya., Mencari Keyakinan yaitu Sekarang mari kita bicara tentang keyakinan kelas dan keyakinan sekolah kita. Apa yang kita percaya? Yang mana yang kalian belum tunjukkan?
- Prinsip Restitusi yang akan dilakukan Mario dan Adi untuk memperbaiki kesalahan terhadap Bu Dina adalah restitusi menuntun untuk melihat ke dalam diri.
0 komentar:
Posting Komentar