13 November 2021
Fact (Fakta, peristiwa)
Pada Minggu keempat Pendididikan
Calon Guru Penggerak ini, kami mempelajari tentang Nilai dan Peran Guru
Penggerak, Ada 5 nilai yang harus dimiliki oleh Guru Penggerak yaitu
Kolabrorasi, Inovasi, Reflektif, Mandiri dan Berpihak pada murid. Peran Guru
Penggerak diantaranya Menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan Komunitas
Praktisi, menjadi Coach bagi Guru Lain, mendorong Kolaborasi antar Guru, mewujudkan
Kepemimpinan Murid. Dan pada hari Senin tanggal 8 November 2021, diadakan Vicon
tentang Ruang Kolaborasi Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak. Kegiatan
dilakukan menggunakan Google Meet, kemudian kami dibentuk kelompok. Saya
mendapatkan kelompok 3 yang terdiri dari Ibu Ester Winarti, Ibu Astrid kedua
ibu tersebut CGP dari Kabupaten Nabire, serta Ibu Miftahul Janah CGP Kabupaten
Jayawijaya serta saya sendiri. Dalam kesempatan tersebut kami berdiskusi dan
menjawab pertanyaan yang diberikan, masing-masing CGP memberikan masukan
tentang apa yang pernah dialami tentang hal-hal yang berikaitan dengan Nilai
dan Peran Gru Penggerak dan Strategi Penguatan yang telah dilakukan. Kemudian
pada tanggal 9 November masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan
kelompok lain memberikan saran dan masukan. Hasil presentasi kelompok yang
sudah mendapatkan saran dan masukan kemudian diunggal ke LMS oleh masing-masing
CGP. Kemudian diakhir pembelajaran minggu keempat ini, yaitu pada tanggal 12
November 2021 membuat Tugas Modul 1.2.a.7. Demonstrasi Konstektual-Nilai an
Peran Guru Penggerak. Dalam tugas tersebut CGP membuat sebuah karya dalam
bentuk gabar ilustrasi tangan/digital dalam bentuk dua dimensi. Dalam tugas ini
saya mencoba membuat poster yang berisikan Guru Penggerak seperti apakah saya,
nilai-nilai apa yang saya kuasai di masa datang, serta mengapa nilai tersebut
penting untuk saya.
Feeling ( perasaan yang dialami)
Setelah belajar selama 1 minggu di minggu keempat ini saya
lebih memahami nilai dan peran guru penggerak yang harus dikuasai dan ada dalam
diri Guru Penggerak .Ternyata dengan Nilai dan Peran ini kita bisa menjadi agen
transformasi pendidikan, mendorong kolaborasi antar guru.
Finding (pembelajaran yang didapat)
Setelah berdiskusi dan memberikan dokumentasi yang ada, saya
merenung, ternyata ada hal-hal yang tidak kita sadari ada nilai dan peran guru
penggerak yang sudah dilakukan. Diantaranya menjadi coach bagi guru lain
contohnya memandu teman sejawat dalam mengaktivasi akun belajar id, memandu
dalam pengisian MY SAPK , memandu dalam pengisian E-Rapor. Peran yang lain
yaitu menjadi pemimpin pembelajaran yaitu dengan menyajikan video pembelajaran
untuk dicermati siswa dan mencoba membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif.
Future (Penerapan ke depan)
Dalam penerapan ke depan saya
sebagai Calon Guru Penggerak akan lebih banyak belajar lagi tentang hal-hal
yang baru dan tentunya hal yang baru tersebut akan diimbaskan kepada teman
sejawat. Karena ada pepatah mengatkan apa yang kita ketahui semakin kita
bagikan maka akan semakin tak terbatas, maksud dari hal ini apabila ketika kita
membagikan hal baru dan ada pertanyaan dari teman yang belum kita tahu, pasti
kita akan mencoba mencari tahu dan dalam hal ini ilmu kita akan bertambah lagi.Dan
akan mencoba melakukan Nilai dan Peran Guru Penggerak yang belum saya lakukan
ke depannya.
Demikian Jurnal Refleksi di Minggu Keempat ini. Semoga
semakin banyak hal-hal baru yang akan dipelajari di minggu-mingu selanjutnya.
Salam sehat dan Bahagia. Guru Bergerak Indonesia Maju, Salam Merdeka Belajar.
0 komentar:
Posting Komentar