1.4.a.2. Pendahuluan
Alur Belajar MERRDEKA
Mulai dari diri
CGP
mengaktifkan pengetahuan awal tentang konsep pendidikan menurut Ki Hajar
Dewantara dihubungkan dengan konsep budaya dan lingkungan positif di sekolah,
melakukan refleksi tentang konsep budaya positif, sekolah impian, dan strategi
yang dilakukan guru untuk penanaman disiplin di sekolah, dan menulis
harapan-harapan setelah belajar modul ini.
Eksplorasi konsep
2. 1. Perubahan Paradigma -Stimulus Respon lawan Teori Kontrol
CGP
dapat memahami miskonsepsi tentang kontrol dan selanjutnya mengadakan perubahan
paradigma stimulus-respon menjadi teori kontrol. CGP juga melakukan refleksi
atas penerapan praktik disiplin yang dijalankan di sekolahnya.
2. 2. Arti Disiplin dan 3 Motivasi Perilaku Manusia
CGP
dapat memahami konsep disiplin positif dihubungkan dengan teori motivasi
perilaku manusia, serta konsep motivasi internal dan eksternal.
2.3. Keyakinan Kelas, Hukuman dan Penghargaan
CGP
dapat memahami pentingnya memiliki keyakinan kelas sebagai fondasi dan arah
tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam memecahkan
konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas, yang pada akhirnya
akan menciptakan budaya positif.
2.4. 5 Kebutuhan Dasar Manusia
CGP
memahami bahwa setiap tindakan murid dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar
mereka yang berbeda-beda dan agar menjadi individu yang selamat dan bahagia,
kebutuhan dasar harus terpenuhi secara positif. CGP memahami bahwa kebutuhan
dasar dapat dipenuhi dengan cara positif atau negatif oleh karena itu peran
guru adalah memberdayakan anak agar dapat memenuhi kebutuhannya secara positif.
2.5 - 5 Posisi Kontrol
CGP
dapat melakukan refleksi atas praktik disiplin yang dijalankan selama ini dan
dampaknya untuk murid-muridnya. CGP dapat mengetahui dan menerapkan disiplin
restitusi di posisi Monitor dan Manajer agar dapat menciptakan lingkungan
positif, aman, dan nyaman dan dapat menghasilkan murid-murid yang lebih
mandiri, merdeka, dan bertanggung jawab.
2.6 - Segitiga Restitusi
CGP
memahami dan menerapkan restitusi melalui tahapan dalam segitiga restitusi
sebagai salah satu cara menanamkan disiplin positif pada murid sebagai bagian
dari budaya positif di sekolah agar menjadi murid merdeka.
0 komentar:
Posting Komentar