Jumat, 07 Januari 2022

Jurnal Refleksi Minggu Ke 6

 

Sabtu, 27 November 2021

Fact (Peristiwa)

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 sudah memasuki minggu ke 6 di Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua. Pada Minggu ini kegiatan diawali dengan mengerjakan di LMS tentang Modul 1.3.a.4. Eksplorasi Konsep- Visi Guru Penggerak di Hari Senin, kemudian dilanjutkan  Modul 1.3.a.4.1 Eksplorasi Konsep – Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif. Dan menyimak video tentang BAGJA. Kemudian dilanjutkan VICON Ruang Kolaborasi - Pemetaan Kekuatan Google Meet for Moodle,  Ruang Kolaborasi - Pemetaan Kekuatan, Gallery Walk Forum, Ruang Kolaborasi - Presentasi dan Umpan Balik Google Meet for Moodle, Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak.

Feeling (perasaan yang dialami)

Dalam mengikuti Pembelajaran di minggu ke 6 ini saya merasa sangat senang dan bahagia karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP dan ada banyak ilmu dan materi yang saya dapatkan dalam minggu ini diantaranya tahapan BAGJA yang digunakan untuk mewujudkan Visi kita sebagai CGP. Serta saya bisa mengetahui Aset Kekuatan yang dipunyai dan bisa mengetahui Aset kekuatan sesaa teman CGP dan nantinya Aset sesame teman CGP bisa menjadi inspirasi bagi pengembangan kekeuatan aset kita ke depannya.

Finding (pembelajaran yang didapat)

Aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan pada minggu ke enam ini semuanya berhubungan dengan visi. Sebenarnya apa Visi itu? visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukan. Visi juga dapat diartikan gambaran atau focus yang akan kita capai dimasa depan.Visi penting sebagai petunjuk arah bagi kita dalam melangkah encapai tujuan. Visi ini sangat penting dimiliki setiap system, organisasi atau suatu instansi/lembaga demi mewujudkan impian, cita-cita, dan harapan yang diinginkan dari input/masukan, proses dan output. Seorang guru sudah seharusnya mampu membuat visi yang sejalan dengan impiannya dan mengkomunikasikan visi tersebut kepada pemangku kebijakan supaya dapat berjalan secara sinergis. Visi yang dibuat guru harus menggambarkan keperpihakkan kepada peserta didik.

Future (penerapan kedepan)

Visi tersebut harus mampu mengakomodir segala keunikan, potensi dan keragaman karakter peserta didik. Guru harus memiliki kesabaran yang lebih dan keikhlasan dalam mengarahkan dan membimbing tumbuh kembang peserta didik sehingga mereka dapat hidup sesuai kodrat zaman dan kodrat alamnya.  Tergambar secara jelas dalam visi tersebut keberpihakan terhadap peserta didik. Keberpihakan tersebut akan menciptakan peserta didik yang merdeka. Peserta didik yang memiliki kebebasan berpikir dan kebebasan berinovasi. Kekebasan yang dapat mendorong peserta didik menjadi lebih berani tampil di depan umum, cerdik dalam bergaul, kreatif, dan inovatif. Kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif.

 

 

Ada beberapa aktivitas yang harus kami lalui dalam mempelajari modul 1.3 yaitu Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak, Eksplorasi Konsep - Visi Guru Penggerak, Eksplorasi Konsep - Berbagi Visi Murid Impian, Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif, Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif, Ruang Kolaborasi - Visi Guru, Ruang Kolaborasi - Pemetaan Kekuatan Google Meet for Moodle,  Ruang Kolaborasi - Pemetaan Kekuatan, Gallery Walk Forum, Ruang Kolaborasi - Presentasi dan Umpan Balik Google Meet for Moodle, Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak,

Tak terasa bahwa tanggal 12 Juni 2020 telah masuk Minggu keenam berjalannya Program guru penggerak di kabupaten Majalengka. Di minggu ini materi modul 1.3 yang disajikan dalam LMS terkait Visi Guru Penggerak. Ada beberapa aktivitas yang harus kami lalui dalam mempelajari modul 1.3 yaitu Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak, Eksplorasi Konsep - Visi Guru Penggerak, Eksplorasi Konsep - Berbagi Visi Murid Impian, Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif, Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif, Ruang Kolaborasi - Visi Guru, Ruang Kolaborasi - Pemetaan Kekuatan Google Meet for Moodle,  Ruang Kolaborasi - Pemetaan Kekuatan, Gallery Walk Forum, Ruang Kolaborasi - Presentasi dan Umpan Balik Google Meet for Moodle, Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak, Demonstrasi Kontekstual - Visi Guru Penggerak, Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif, Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif, Elaborasi Pemahaman - Visi Guru Penggerak, Elaborasi Pemahaman - Kebutuhan Perubahan di Sekolah Google Meet for Moodle, Elaborasi Pemahaman - Kebutuhan Perubahan di Sekolah, Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak, dan Aksi Nyata - Visi Guru Penggerak.

 

Aktivitas-aktivitas yang telah disebutkan di atas semuanya berhubungan dengan visi. Sebenarnya apa Visi itu? visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukan. Visi juga merupakan gambaran besar atau gambaran secara keseluruhan apa yang diinginkan. Visi ini sangat penting dimiliki setiap system, organisasi atau suatu instansi/lembaga demi mewujudkan impian, cita-cita, dan harapan yang diinginkan dari input/masukan, proses dan output. Seorang guru sudah seharusnya mampu membuat visi yang sejalan dengan impiannya dan mengkomunikasikan visi tersebut kepada pemangku kebijakan supaya dapat berjalan secara sinergis. Visi yang dibuat guru seyogyakan harus menggambarkan keperpihakkan kepada peserta didik. Visi tersebut akan menjadi pematri,  pendorong, dan penyemangat guru untuk terus bergerak dan berbuat demi kemerdekaan, kebahagian dan kedamaian peserta didik.

 

Visi tersebut harus mampu mengakomodir segala keunikan, potensi dan keragaman karakter peserta didik. Guru harus memiliki kesabaran yang lebih dan keikhlasan dalam mengarahkan dan membimbing tumbuh kembang peserta didik sehingga mereka dapat hidup sesuai kodrat zaman dan kodrat alamnya.  Tergambar secara jelas dalam visi tersebut keberpihakan terhadap peserta didik. Keberpihakan tersebut akan menciptakan peserta didik yang merdeka. Peserta didik yang memiliki kebebasan berpikir dan kebebasan berinovasi. Kekebasan yang dapat mendorong peserta didik menjadi lebih berani tampil di depan umum, cerdik dalam bergaul, kreatif, dan inovatif. Kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif. Guru juga diharapkan menjadi penggerak untuk mengambil tindakan yang muaranya memberikan hal yang terbaik untuk peserta didik, serta guru diharapkan mengutamakan muridnya. Guru mampu memahami dan membimbing pembelajaran yang sesuai dengan bakat minat peserta didik.

 

 

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Jurnal Refleksi Minggu ke-6 Modul 1.3. Visi Guru Penggerak", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/yudihamdandardiri8074/615c4a45c44f925f372fa712/jurnal-refleksi-minggu-ke-6-modul-1-3-visi-guru-penggerak

 

Kreator: Yudi Hamdan Dardiri

 

 

 

Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.

 

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Ada beberapa alternative cara yang dapat diambil guru dalam merealisasikan peserta didik yag merdeka antara lain.

 

Merubah mindset guru bahwa pencapaian ranah kognitif bukan lagi menjadi tujuan utama dalam proses pembelajaran tapi bagaimana guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap dan minat belajar serta potensi dasar siswa.

Materi ajar bukan lagi sesuatu yang dipaksakan kepada peserta didik, tetapi bagaimana materi ajar tersebut menjadi bahan yang dapat  dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari anak.

Guru harus sudah mulai menggali pengalaman anak sebagai tema yang akan dipiih dalam pembelajaran.

Desain pembelajaran yang digunakan harus mampu melibat-aktifkan seluruh peserta didik dan mampu menciptakan suasana yang menyenangkan.

Proses pembelajaran memberikan kesempatan peserta didik untuk berkolaborasi, bergotong royong dan mengambil makna yang permainan.

Mengevaluasi hasil pembelajaran secara holistic dan otentik meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap menggunakan berbagai instrument penilaan.

 

 

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Jurnal Refleksi Minggu ke-6 Modul 1.3. Visi Guru Penggerak", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/yudihamdandardiri8074/615c4a45c44f925f372fa712/jurnal-refleksi-minggu-ke-6-modul-1-3-visi-guru-penggerak

 

Kreator: Yudi Hamdan Dardiri

 

 

 

Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.

 

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar