1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP berlatih menerapkan Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi murid dan membuat strategi untuk menumbuhkannya.
- CGP berlatih memberikan umpan balik secara terstruktur terhadap pekerjaan CGP lainnya.
Berikut ini kumpulan beberapa pertanyaan utama dan kegiatan apa saja yang ada di setiap tahapan B-A-G-J-A sebagai dasar pertimbangan saya ketika merumuskan rekomendasi untuk mengenali serta menumbuhkan potensi murid-murid adalah sebagai berikut:
PRAKARSA PERUBAHAN |
Strategi Pengenalan Kekuatan dan
Potensi Murid |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar tindakan yang perlu dilakukan
untuk menjawab pertanyaan |
B-uat pertanyaan (Define) |
1. Mengapa anak tidak berani dalam menyampaikan
pendapat ? 2. Bagaimana solusi yang dapat saya lakukan untuk
menumbuhkan sikap berani berpendapat |
1. Membiasakan setiap awal pelajaran dan
diakhir pelajaran meminta anak untuk memimpin doa didepan kelas secara
bergantian 2. Berdiskusi dengan rekan guru sejawat 3. Membiasakan semua anak mempunyai kesempatan
berpendapat 4. Memberikan Soal secara lisan kepada setiap
anak 5. Memberikan apresiasi kepada siswa yang
berani berpendapat. |
A-mbil pelajaran (Discover) |
1. Siapakah orang yang dapat dijadikan role
model penerapan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi siswa dikelas ? 2. Aktivitas apa yang dapat melibatkan
komunikasi siswa dikelas ? 3. Situasi apa yang dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi siswa dikelas ? 4. Metode pembelajaran apa yang dapat
diterapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas ? |
1. Mencari profil orang yang sudah pernah
berhasil menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi
siswa dikelas. 2. Meminta siswa untuk menyampaikan pendapat
tentang bagaimana supaya mereka senang dan hal apa yang mereka sukai selama
Belajar TIK 3. Mendekatkan fakta-fakta TIK dengan kehidupan
sahari-hari 4. Memotivasi atau mendorong siswa diakhir
pelajaran untuk menceritakan pelajaran apa yang dipelajari pada hari ini. 5. Mencari tahu dan mencatat kegiatan apa yang
dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi |
G-ali mimpi (Dream) |
1. Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang saya
bayangkan terjadi ketika siswa telah terampil dala komunikasi dikelas ? 2. Bagaimana perasaan saya memiliki siswa yang
pandai berkomunikasi dikelas ? 3. Hal baru apa saja yang dapat saya lakukan
setelah memiliki siswa yang terampil dalam berkomunikasi dikelas ? |
1. Membuat gambaran diri saat mencapai mimpi
dan mendokumentasikannya untuk pengingat saya. |
J-abarkan rencana (Design) |
1. Kekuatan apa saja yang dimiliki setiap siswa
untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya dikelas? 2. Strategi apa saja yang dapat saya lakukan
untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di kelas ? 3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk
mencapai target yang ingin dicapai ? 4. Apa tindakan yang saya lakukan untuk
mendukung usaha tersebut ? |
1. Menyusun peta kekuatan yang
dimiliki oleh setiap siswa. 2. Menyusun RPP yang dapat meningkatkan
kemampuan kominikasi siswa dikelas. 3. Menerapkan strategi dikelas dan
membuat capaian mingguan untuk mengetahui keberhasilan yang dicapai siswa
sebagai target perubahan. |
A-tur eksekusi (Deliver) |
Bagaimana dapat terlaksana pembelajaran yang menarik? 1. Kapan pelaksanaannya? 2. Siapa yang terlibat? 3. Siapa yang memonitor? 4. Apa saja indikator keberhasilannya? 5. Bagaimana evaluasinya? |
1. Kegiatan pembelajaran dilakukan 2 kali
seminggu 2. Setiap pertemuan menggunakan metode yang
bervariasi 3. Kepala sekolah, guru, siswa terlibat aktif
dalam pembelajaran sesuai dengan perannya masing-masing 4. Kepala sekolah memonitor dan melakukan
supervisi kegiatan pembelajaran 5. Guru serumpun memberikan saran dan masukan
terkait pembelajaran sebagai bahan evaluasi pada kegiatan berikutnya. |
0 komentar:
Posting Komentar