Rabu, 05 Januari 2022

1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif

 

1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP berlatih menerapkan Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi murid dan membuat strategi untuk menumbuhkannya.
  2. CGP berlatih memberikan umpan balik secara terstruktur terhadap pekerjaan CGP lainnya.

Berikut ini kumpulan beberapa pertanyaan utama dan kegiatan apa saja yang ada di setiap tahapan B-A-G-J-A sebagai dasar pertimbangan saya ketika merumuskan rekomendasi untuk mengenali serta menumbuhkan potensi murid-murid adalah sebagai berikut:

PRAKARSA

PERUBAHAN

Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

1.   Mengapa anak tidak berani dalam menyampaikan pendapat ?

2.   Bagaimana solusi yang dapat saya lakukan untuk menumbuhkan sikap berani berpendapat

 

1.    Membiasakan setiap awal pelajaran dan diakhir pelajaran meminta anak untuk memimpin doa didepan kelas secara bergantian

2.    Berdiskusi dengan rekan guru sejawat

3.    Membiasakan semua anak mempunyai kesempatan berpendapat

4.    Memberikan Soal secara lisan kepada setiap anak

5.    Memberikan apresiasi kepada siswa yang berani berpendapat.

A-mbil pelajaran (Discover)

1.    Siapakah orang yang dapat dijadikan role model penerapan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas ?

2.    Aktivitas apa yang dapat melibatkan komunikasi siswa dikelas ?

3.    Situasi apa yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas ?

4.    Metode pembelajaran apa yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dikelas ?

1.    Mencari profil orang yang sudah pernah berhasil menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi siswa dikelas.

2.    Meminta siswa untuk menyampaikan pendapat tentang bagaimana supaya mereka senang dan hal apa yang mereka sukai selama Belajar TIK

3.    Mendekatkan fakta-fakta TIK dengan kehidupan sahari-hari

4.    Memotivasi atau mendorong siswa diakhir pelajaran untuk menceritakan pelajaran apa yang dipelajari pada hari ini.

5.    Mencari tahu dan mencatat kegiatan apa yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi

G-ali mimpi (Dream)

1.    Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang saya bayangkan terjadi ketika siswa telah terampil dala komunikasi dikelas ?

2.    Bagaimana perasaan saya memiliki siswa yang pandai berkomunikasi dikelas ?

3.    Hal baru apa saja yang dapat saya lakukan setelah memiliki siswa yang terampil dalam berkomunikasi dikelas ?

1.    Membuat gambaran diri saat mencapai mimpi dan mendokumentasikannya untuk pengingat saya.

J-abarkan rencana (Design)

1.    Kekuatan apa saja yang dimiliki setiap siswa untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya dikelas?

2.    Strategi apa saja yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di kelas ?

3.    Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target yang ingin dicapai ?

4.    Apa tindakan yang saya lakukan untuk mendukung usaha tersebut ?

1.      Menyusun peta kekuatan yang dimiliki oleh setiap siswa.

2.      Menyusun RPP yang dapat meningkatkan kemampuan kominikasi siswa dikelas.

3.      Menerapkan strategi dikelas dan membuat capaian mingguan untuk mengetahui keberhasilan yang dicapai siswa sebagai target perubahan.

A-tur eksekusi (Deliver)

Bagaimana dapat terlaksana pembelajaran yang menarik?

1.    Kapan pelaksanaannya?

2.    Siapa yang terlibat?

3.    Siapa yang memonitor?

4.    Apa saja indikator keberhasilannya?

5.    Bagaimana evaluasinya?

1.    Kegiatan pembelajaran dilakukan 2 kali seminggu

2.    Setiap pertemuan menggunakan metode yang bervariasi

3.    Kepala sekolah, guru, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran sesuai dengan perannya masing-masing

4.    Kepala sekolah memonitor dan melakukan supervisi kegiatan pembelajaran

5.    Guru serumpun memberikan saran dan masukan terkait pembelajaran sebagai bahan evaluasi pada kegiatan berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar